Undip Sapu Bersih Award HISAS 13 di Jepang


HOKKAIDO (Kampusundip.com) – Mahasiswa Universitas Diponegoro (Undip) Semarang berhasil menyapu bersih 'award' dalam ajang The 13th Hokkaido Indonesian Students Association Scientific Meeting (HISAS 13) di Hokkaido University, Jepang yang digelar oleh Persatuan Pelajar Indonesia- Hokkaido (PPI Hokkaido) bekerjasama dengan Universitas Hokkaido (4-5/3).

Sejalan dengan tema HISAS 13 yaitu “Science Progress for Humanity, Food Security and Prosperity”, para peserta pengirim abstract yang telah melewati seleksi sebelumnya diundang untuk dapat berkontribusi dalam memberikan inovasi dan gagasan di bidang sosial, pangan, dan teknologi.

Dari pertemuan mahasiswa ini, peserta dapat saling bertukar gagasan dan pikiran serta diberi kesempatan untuk menyampaikan gagasan tersebut kepada mahasiswa dan para ahli dari berbagai universitas baik dalam maupun luar negeri dalam Bahasa Inggris. Mahasiswa dari Indonesia juga mendapat kesempatan untuk tahu lebih jauh terhadap Persatuan Pelajar Indonesia yang ada di Hokkaido, Jepang. Serta berkesempatan untuk berdiskusi bersama keynote speaker yaitu Prof. Kondo Takumi dan Atase Pendidikan Indonesia di Jepang.

Acara ini dihadiri oleh mahasiswa S1 dan S2 baik dari universitas dalam maupun luar negeri, diantaranya Unpad, UGM, UI, ITS, National Taiwan University, Hokkaido University, dan sebagainya. Setelah melalui tahap seleksi abstrak dan proses presentasi paper di depan panelis dan para peserta lainnya dengan menggunakan Bahasa Inggris, delegasi Undip (bidang pangan) yang terdiri dari M. Rodiansyah dan Juhnizar P. Buminata (mahasiswa S1 Teknik Kimia) berhasil meraih Best Presenter Award. Delegasi Undip tersebut mempresentasikan penelitian mengenai Modifikasi Tapioka dengan Proses Esterifikasi dan Rotary UV Dryer yang dibimbing oleh Dr. Siswo Sumardiono, ST., MT. selaku dosen pembimbing penelitian.

Tidak hanya itu, delegasi Undip juga meraih Best Paper pada bidang electrical engineering dan dinyatakan sebagai paper terbaik dalam ajang tersebut.





Selain itu, kegiatan lain yang diadakan adalah kunjungan edukasi ke pengolahan air bersih di Kota Sapporo dan museum tanggap bencana. Kunjungan tersebut guna menambah pengetahuan dan wawasan akan keilmuan yang sangat berkembang di Negeri Sakura. (KUC/ft.undip.ac.id)

#UndipPrestatif

- Ringan Mencerdaskan -