Polemik UKT & SPI, Rektor dan Aliansi Mahasiswa Undip Akhirnya Gelar Audiensi


SEMARANG (Kampusundip.com) – Rektor beserta Aliansi Mahasiswa Undip akhirnya duduk bersama dalam acara audiensi menindaklanjuti polemik isu kenaikan Uang Kuliah Tunggal (UKT) dan Pengadaan Sumbangan Pengembangan Insititusi (SPI) setelah sepekan sebelumnya digelar aksi di depan Rektorat (5/4).

Audiensi ini dilaksanakan Rabu, 13 April 2016 di ruang Quality Hall Rektorat Widya Puraya Kampus Undip Tembalang, Semarang mulai Pukul 14.00 WIB hingga menjelang Maghrib. Rektor beserta jajaran Pembantu Rektor hadir langsung dalam audiensi ini.

Dari pihak mahasiswa, tampak Ketua BEM Undip, Ketua MWA UM, Ketua Senat Mahasiswa Undip, beserta sejumlah mahasiswa lain dari berbagai fakultas yang hadir. Sejumlah pertanyaan dari mahasiswa mewarnai jalannya audiensi kali ini.

Dalam audiensinya dengan mahasiswa, Rektor Undip Prof. Yos Johan Utama mengatakan bahwa besaran UKT itu dihitung.

“UKT itu dihitung mas! Mas ngitung 2012, ini 2016 empat tahun, ada kenaikan apa enggak harga-harga? Jasa? Listrik? Telepon? Air?” Tanya balik rektor kepada mahasiswa.

Rektor juga mengatakan bahwa mahasiswa dapat mengajukan keringanan UKT dengan prosedur yang sama seperti beasiswa.

“Silahkan ajukan. Prosesnya sama (seperti beasiswa-red). Asal jujur. Selama ini saya tidak pernah kemudian, ini apa saya tolak! Nggak ada. Silahkan chek dibagian keuangan. Penurunan UKT. Oke oke!” Jelas Prof Yos.

Pembantu Rektor III Budi Setiyono juga memberikan apa yang menjadi kebijakan penentuan SPI oleh rektor.

“Kebijakan dasar yang dipakai pak rektor itu adalah memerintahkan seluruh fakultas dan program studi untuk membandingkan universitas - universitas yang di rangkingnya  (akreditasi program studi-red) itu berdekatan dengan Undip. Apa yang dilakukan pak rektor? Ambil yang paling rendah,” Ujar Budi Setiyono.

Soal kapan penentuan SPI Undip, Budi Setiyono menjawab kemungkinan setelah SBMPTN.

“Sebelum pendaftaran UM. Jadi kemungkinan setelah SBMPTN,” tambahnya.

Terkait hasil dari audiensi ini, ketika ditanya KAMPUSUNDIP.COM apakah puas atau tidak dan apa yang akan dilakukan setelah audiensi, ketua BEM Undip Fawaz Syaefullah menjawab semuanya akan tetap di kawal dan di follow up di masing-masing fakultas mengenai UKT dan SPI ini. (KUC)

- Ringan Mencerdaskan -