Mahasiswa Undip Juara 1 Nasional EXCESS di Unila


BANDAR LAMPUNG – Mahasiswa Universitas Diponegoro (Undip) Semarang, Fanji Satria, berhasil meraih Juara 1 dalam lomba EXCESS (Explosion of Chemical Engineering Study Activities) yang digelar di Universitas Lampung (Unila), Bandar Lampung, Lampung (24-26/3).

Peserta lomba berasal dari berbagai kampus di Indonesia. Mulai dari USU, UI, ITB, hingga UNHAS. Beragam ide kreatif muncul dari para peserta dalam rangka meningkatkan daya saing masyarakat lokal untuk menghadapi kerasnya persaingan ASEAN Economic Community 2016. Ada yang menciptakan teknologi freezer terbarukan di kapal nelayan, energi dari tumbuhan, pengembangan industri kreatif, hingga kajian mengenai politik dan perundang – undangan.


Fanji Satria, mahasiswa Teknik Kimia Undip 2012, berhasil meraih Juara 1 pada lomba tersebut. Dia menciptakan gagasan kreatif untuk membuat kawasan industri di wilayah pesisir pantai di Indonesia. Ide tersebut muncul karena keprihatinannya terhadap permasalahan kemacetan yang terjadi di kota-kota besar Pulau Jawa.

Dalam karyanya, mahasiswa semester akhir ini memberdayakan masyarakat pantai khususnya nelayan, untuk menghidupkan kawasan pantai menjadi kawasan layak huni. Pengembangan aspeknya pun kompleks, mulai dari sarana rekreasi, industri kreatif, transportasi, hingga peran berbagai pihak untuk pengembangan gagasan tersebut.

Lebih jauh lagi, Fanji juga telah memikirkan permasalahan baru apabila kawasan pantai telah menjadi “kawasan yang hidup”. Pasti terjadi ledakan populasi, yang berdampak pada meningkatnya jumlah sampah yang dihasilkan manusia. Lalu muncul ide untuk mengatasi hal baru ini, yaitu mengembangkan pembangkit listrik tenaga sampah.


Hal ini juga telah diuji menggunakan alat Bomb Calori meter di Lab Terpadu Undip, bahwa sampah memiliki nilai kalor yang tinggi untuk digunakan sebagai bahan bakar. Ditambah lagi, dia juga merancang dan menghitung energi yang dihasilkan pembangkit tersebut menggunakan software Hysys. (KUC/ft.undip.ac.id)

#UndipPrestatif

- Ringan Mencerdaskan -