28 Mahasiswa Undip Berlaga di Seleksi Tingkat Wilayah ONMIPA


SEMARANG (Kampusundip.com) - Sebanyak 28 mahasiswa Undip telah menyelesaikan seleksi tingkat wilayah Olimpiade Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam tingkat Perguruan Tinggi (ONMIPA-PT) tahun 2016. Seleksi yang diikuti oleh ratusan mahasiswa dari berbagai universitas di Jawa Tengah ini dilaksanakan selama dua hari (5-6 April) di Universitas PGRI Semarang.

ONMIPA merupakan ajang olimpiade bergengsi yang memperlombakan empat bidang ilmu, yang meliputi: Fisika, Kimia, Biologi dan Matematika. Untuk mekanisme perlombaannya, para peserta diminta menyelesaikan soal uraian/esai menurut bidang ilmu masing-masing. Hal yang patut diperhatikan, soal dalam seleksi ONMIPA ini adalah soal-soal yang terbilang susah, membutuhkan pola pikir saintifik dan pemahaman konsep yang kuat daripada sekedar hafalan-hafalan. Jika hanya mengandalkan hafalan, bisa dipastikan para peserta tidak dapat menyelesaikan soal tersebut.

Maka dari itu, tidak heran jika hanya mahasiswa-mahasiswa terpilih saja yang lolos seleksi tingkat universitas pada tanggal 3 Maret 2016 lalu, dan kemudian menjadi delegasi Undip dalam seleksti tingkat wilayah. Masing-masing bidang ilmu mengirim 7 orang delegasi, sehingga total ada 28 orang delegasi yang mewakili Undip.

Berikut adalah daftarnya :

Bidang Fisika
1. Muhammad Irwanto
2. Muhammad Al Jabbar Kanie
3. Ilham Alkian
4. Zaenal Abidin
5. Yahya Ayash
6. Fajrul Falah
7. Mishbahudin Alhanif

Bidang Biologi
1. Muhammad Nastain
2. Partiyanti Hidayah
3. Reynato Wijaya Saputro
4. Rizma Eka Anggara
5. Ferisa Lestari Nugrahayu
6. Dhita Gustiani
7. Satria Dharmawan Kustia Dewa

Bidang Kimia
1. Siti Nur Milatus Salimah
2. Bela Claudya Pratama
3. Novianti Rizki
4. Vina Angerina Panjaitan
5. Desy Permatasari
6. Febio Dalanta
7. Putra Panjaitan

Bidang Matematika
1. Eko Suprobo
2. Muhammad Rafid Fadil
3. Wisnu Ramadhan
4. Hafidh Khoerul Fata
5. Rudy Hartono Widjaja
6. Kukuh Tri Widiatmoko
7. Zakiyaatus Sariroh

Semoga para delegasi dapat meraih hasil terbaik dari seleksi tingkat wilayah tersebut, untuk selanjutnya maju ke tingkat nasional mewakili Jawa Tengah dan mengharumkan nama Universitas Diponegoro di kancah nasional.

Undip… Jaya! (KUC/Fajrul Falah)

#UndipPrestatif

- Ringan Mencerdaskan -