Undip Akan Tanam Pohon Besar “Bentengi” Laboratorium Sentral RSND

RSND

SEMARANG (Kampusundip.com) – Universitas Diponegoro (Undip) dalam hal ini pihak Rumah Sakit Nasional Diponegoro (RSND) akan menanam sejumlah pohon yang mampu tumbuh besar untuk “membentengi” Laboratorium Sentral RNSD.

Hal itu sebagaimana yang disampaikan perwakilan RNSD saat menggelar Senam Bersama awal Maret 2016 lalu.

Yang dimaksud “membentengi” tersebut adalah untuk menjaga dinding Laboratorium Sentral RSND dari terpaan angin kencang yang datang dari arah pantai utara Semarang. Apalagi, dinding RSND yang menghadap ke arah utara didominasi oleh kaca. Ditambah lagi dengan letaknya diatas perbukitan terbuka membuat angin kencang kerap kali menerpa tanpa ada sesuatu yang mengurangi atau menghalanginya.

Bahkan, menurut pengakuan perwakilan RSND tersebut, saking besarnya terpaan angin membuat dinding kaca Laboratorium Sentral RSND terasa seperti mau copot karena tekanan angin yang datang dari arah pantai utara Semarang yang begitu besar akibat tidak adanya penghalang. 





Jalan Lingkar Utara RSND

Oleh sebab itulah RSND berinisatif untuk menanam pohon yang dapat tumbuh besar diarea lereng perbukitan disepanjang jalan lingkar utara RSND dengan harapan dapat mengurangi tekanan angin yang berembus dari arah pantai utara Semarang.

Selain untuk mengurangi tekanan angin, penanaman pohon di lereng perbukitan RSND juga nantinya berguna sebagai daerah resapan air tatkala musim hujan. Sehingga air hujan bisa tersimpan dan mengurangi resiko longsornya tanah diarea itu. (KUC)

- Ringan Mencerdaskan -