KAMPUSUNDIP.COM Luncurkan Program “Soedarto Bukan Soedharto” (SBS)

Soedarto Bukan Soedharto

Program publikasi inovatif “Soedarto Bukan Soedharto” (SBS) akhirnya diluncurkan KAMPUSUNDIP.COM (KUC) pada Selasa, 22 Maret 2016 melalui Official Account LINE@at-nya. Berikut adalah peluncuran program SBS KUC :

Softlaunching Program Publikasi Inovatif KAMPUSUNDIP.COM "SBS"

SOEDARTO BUKAN SOEDHARTO
#SoedartoBukanSoedharto #SBS
(Selasa, 22 Maret 2016)

A. DEFINISI SBS
SBS adalah singkatan dari "Soedarto Bukan Soedharto" (SBS) dengan hashtag #SBS. SBS merupakan program publikasi inovatif KAMPUSUNDIP.COM (KUC) yang bertujuan untuk meluruskan kembali pemahaman tentang dua kata yang hampir mirip tentang makna "Soedarto" (tanpa huruf "H") dan "Soedharto" (dengan hurud "H").

B. LATAR BELAKANG ADANYA PROGRAM SBS
Program SBS muncul dilatarbelakangi adanya "ketidaksadaran akan salah kaprah" tentang penulisan kedua kata (Soedarto dan Soedharto) pada berbagai macam bentuk tulisan yang masih banyak ditemui di Undip (setidaknya hingga program ini dibuat). Baik dalam bentuk broadcast, alamat kampus, kop surat, dan sebagainya. Padahal, 2 kata tersebut meski bunyi pengucapannya sama, namun maknanya berbeda.

C. TUJUAN SBS
Program SBS bertujuan untuk meluruskan kembali kesalahan penulisan alamat, nama gedung, kop surat, dan sektor administratif Undip lainnya yang menggunakan kata tersebut dalam rangka pencerdasan bagi segenap civitas akademika Undip. SBS juga sebagai salah satu representasi dari tagline "Ringan Mencerdaskan" KUC.

D. PERBEDAAN MAKNA "SOEDARTO" DAN "SOEDHARTO"
1. Soedarto (Tanpa huruf "H") adalah salah satu pemrakarsa berdirinya Universitas Diponegoro pada tahun 1950-an sampai awal 1960. Rektor pertama Undip sebagai Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Tidak ada penggunaan huruf "H" dalam nama beliau.
2. Soedharto (Dengan huruf "H"). Dalam tulisan lain sering ditulis "Sudharto". Adalah rektor Undip periode 2010/2014 (+ perpanjangan masa jabatan hingga 2015). Beliau adalah rektor Undip sebelum Prof. Yos Johan Utama saat ini.

E. LALU, SEPERTI APA PENULISAN YANG BENAR?
Penulisan yang benar adalah menggunakan kata "Soedarto" (Tanpa huruf "H")
Contoh : "Jalan Prof. Soedarto, SH" dan "Gedung Prof. Soedarto, SH"


KAMPUSUNDIP.COM
- Ringan Mencerdaskan -
Member of Ahsan Group Indonesia
___________________