Tips Memilih Perguruan Tinggi

Tips Memilih Perguruan Tinggi

Perguruan tinggi adalah tempat di mana setiap siswa bercita-cita ingin mencapai karir yang lebih luas. Karena ada ribuan perguruan tinggi, sangatlah sulit untuk memutuskan manakah perguruan tinggi yang terbaik untuk anda. Artikel ini akan memberikan anda pandangan dan pertimbangan dalam memilih perguruan tinggi.

Suatu hal yang tidak mudah untuk memilih manakah perguruan tinggi yang terbaik untuk anda, karena ada begitu banyak perguruan tinggi dan pasti akan membuat bingung. Berikut beberapa kiat sukses memilih Perguruan Tinggi yang layak Anda coba :

1.    Pertama-tama tentunya kamu harus memiliki KEMAUAN untuk melanjutkan studi ke Perguruan Tinggi, karena tekad dan semangat yang kuat akan memperkecil resiko kegagalan.

2.    Sesuaikan CITA-CITA, MINAT dan BAKAT yang dimiliki. Mengembangkan BAKAT yang ada disertai dengan MINAT & CITA-CITA akan menjadi pilihan yang tepat dalam memilih Perguruan Tinggi. Contohnya, Jangan memilih Sastra Bali jika bercita-cita menjadi Dokter atau jangan mengambil Teknik Sipil jika tidak suka menggambar.

3.    Pertimbangkan LOKASI Perguruan Tinggi yang dituju serta BIAYA yang dibutuhkan seperti biaya perkuliahan dan biaya hidup selama masa kuliah.

4.    Pilih lokasi kuliah yang dekat dengan tempat tinggal atau memiliki biaya hidup yang rendah.

5.    Bagi yang memiliki kendala keuangan, carilah informasi mengenai beasiswa,  mencari peluang kerja sambil berkuliah contoh beasiswa bidik misi (http://bidikmisi.kemdikbud.go.id/portal/).

6.    Cari tahu mengenai PERGURUAN TINGGI yang akan di tuju.

7.    Lebih baik tidak memilih Perguruan Tinggi hanya karena terkenalnya saja, tapi juga perlu diperhatikan REPUTASI dan nama baik Perguruan Tinggi tersebut di dunia pendidikan dan dunia kerja.

8.    Perhatikan juga KUALITAS DOSEN (Tenaga Pengajar) di Perguruan Tinggi tersebut, terutama Dosen Tetap. Perguruan Tinggi yang baik adalah yang selalu meningkatkan kualitas keilmuannya.

9.    Ingat bahwa JENJANG PENDIDIKAN bagi lulusan SMA/SMK adalah Diploma 1,2,3 menekankan pada keahlian tertentu dan Strata 1 , 2, 3 menekankan pada  penguasaan ilmu pengetahuan Perguruan Tinggi.

10. Perhatikan, paling tidak ada 2 LEGALITAS untuk tiap PROGRAM STUDI pada suatu Perguruan Tinggi, yaitu :

11. Ijin Penyelenggaraan PRODI dari Dikti http://evaluasi.dikti.go.id/epsbed/ atau http://pdpt.dikti.go.id/telusur/ (Penelusuran Data Prodi)

12. Status Akreditasi Prodi dari BAN-PT dengan peringkat A,B,C dan tidak terakreditasi http://ban-pt.kemdiknas.go.id/ (Direktori Akreditasi Prodi).

13. Masa berlaku SK Dikti adalah 2 (dua) tahun dan Akreditasi BAN-PT adalah 5 (lima) tahun
.
14. Perguruan Tinggi  yang menyelenggarakan perkuliahan tanpa ijin dari Dikti (atau ijin operasinya sudah habis masa berlakunya) adalah ilegal dan melanggar hukum.

15. Sesuai PP 19/2005 Pasal 89, mulai 2012 PRODI YG TIDAK TERAKREDITASI TIDAK BOLEH MENERBITKAN IJAZAH. Hati-hati jangan sampai  merugi.

16. Perhatikan DAYA TAMPUNG prodi di PTN dan PTS yang akan kamu pilih untuk memperhitungkan peluang diterima.

17. Bagi peserta SNMPTN, daya tampung dan jumlah peminat  pada suatu prodi dapat dilihat di http://www.snmptn.ac.id/ (menu Daftar Prodi).

18. Banyak peserta dengan prestasi yang baik tidak lolos SNMPTN karena memilih prodi yang peminatnya sangat banyak di Perguruan Tinggi favorit namun dengan daya tampung sedikit.

19. Perguruan tinggi yang baik juga memiliki fasilitas belajar yang memadai, mulai dari kampus terpadu, ruang kuliah, perpustakaan dan laboratorium yang layak dan memadai.

20. Terakhir, pikirkan masa depan KARIR dan PEKERJAAN setelah lulus. Apakah perguruan tersebut dapat mengantarmu untuk mendapatkan pekerjaan dan karir yang baik?

Sekian tips dalam memilih Perguruan Tinggi kali ini. Semoga bermanfaat.

(KUC)
- Ringan Mencerdaskan -