Tips Memilih Jurusan Kuliah Yang Tepat

Tips Memilih Jurusan Kuliah Yang Tepat

Artikel ini dibuat untuk kamu yang ingin memilih jurusan kuliah  yang tepat bagi dirimu.  Kenapa ini penting?  Karena jurusan yang kamu pilih akan menentukan empat tahun kamu di universitas/perguruan tinggi (PT), bahkan kehidupan kamu di masa depan.

Biasanya, keinginan kamu dan teman remaja lain (terutama siswa kelas XII SMA) dipengaruhi oleh beberapa hal. Misalnya, oleh impian teman-teman terdekat kamu, termasuk disini pilihan untuk bekerja atau melanjutkan pendidikan, bagaimana teman memilih jurusan kuliah. Jurusan pendidikan (kuliah) yang sedang ngetop dan jadi tren, langsung-tidak langsung juga punya andil.

Pilihan jurusan bisa juga dipengaruhi oleh orang tua, yang tidak jarang memilihkan jurusan kuliah tertentu pada anaknya. Faktor lain, tentu saja, dipengaruhi oleh minat atau keinginan dari dalam hati si remaja sendiri.
Namun, keputusan akan ada di tanganmu, karena kamu yang akan menjalani nantinya, bukan? 

Oleh karena itu, berikut beberapa tips yang layak kamu coba untuk memilih jurusan kuliah yang tepat :

Jurusan Kuliah Sesuai dengan Minat
Bagian paling penting dari point ini adalah minat, pilihlah jurusan kuliah yang sesuai dengan minat kamu. Jangan sekali-sekali memilih jurusan yang tidak kamu senangi, kebanyakan orang seperti ini akan kesulitan dalam menjalani masa perkuliahannya karena dari hatinya tidak memiliki interest terhadap apa yang dipelajari.  Beberapa penyebab ketidaksesuain minat adalah karena ikut-ikutan teman, asal pilih jurusan yang mudah, dan disuruh orang tua.

Jurusan Kuliah Sesuai Bakat
Bakat bisa terlahir dari minat, atau sebaliknya, jarang orang yang minat dan bakatnya berbeda. Kalaupun berbeda, biasanya minatnya akan disesuaikan dengan minat.  Bakat bisa terlihat dari prestasi apa yang kita capai saat masih sekolah dulu.  Mungkin ada yang berbakat matematika, ada yang olah raga, ada yang seni.  Kesesuaian bakat akan membantu kamu dalam mengembangkan bakat tersebut dan juga lebih memudahkan kamu dalam perkuliahan.

Jurusan Kuliah sesuai Cita-cita
Apa yang kamu bayangkan tentang diri kamu 5 tahun kedepan? 10 tahun kedepan? 20 tahun kedepan?  Masa itu benar-benar ditentukan hari ini, saat ini juga.  Cita-cita adalah tentang keberanian untuk menggapainya, tentukan cita-cita kamu, dan pilihlah yang paling sesuai.

Kumpulkan Informasi Sebanyak Mungkin
Informasi yang kamu perlukan banyak sekali, termasuk artikel yang sedang kamu baca ini. Namun yang paling penting adalah, informasi tentang bagaimana peluang kerja setelah lulus nanti, mungkin ini agak kontradiktif dengan minat, bakat dan cita-cita, tapi kita tidak bisa menutup mata dengan kondisi negara kita saat ini.  Tapi kalau kamu memang ada niat dan sungguh-sungguh, jurusan apapun yang kamu pilih tidak akan menjadi masalah saat selesai kuliah nanti.

Setelah kamu menentukan jurusan yang tepat dan sesuai dengan kamu, kamu dapat membaca Tips Memilih Perguruan Tinggi.

(KUC)
- Ringan Mencerdaskan -