Setengah Tahun “Single”, KAMPUSUNDIP.COM Akhirnya Jadi Komunitas Pers

Setengah Tahun “Single”, KAMPUSUNDIP.COM Akhirnya Jadi Komunitas Pers

Setelah selama setengah tahun lebih berpredikat “single” alias hanya digarap perseorangan, situs berita KAMPUSUNDIP.COM (KUC) akhirnya menjadi komunitas pers mahasiswa Universitas Diponegoro pada awal tahun 2016.

Terhitung mulai tanggal 16 Januari 2016 kemarin, situs berita yang didirikan salah seorang mahasiswa Jurusan Ilmu Kelautan (IK) Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) Undip ini menjadi komunitas pers mahasiswa Undip setelah menggelar serangkaian oprec pada Desember 2015 sampai awal Januari 2016.

Tanggal 16 Januari 2016 adalah tanggal dimana untuk pertama kalinya peserta yang lolos oprec secara bersama-sama bertemu langsung dengan Founder KUC dalam acara 1st Gathering di Kompleks Widya Puraya Kampus Undip Tembalang, Semarang. Sejak tanggal itulah, KAMPUSUNDIP.COM menjadi komunitas pers.

Sebagaimana yang diketahui bersama, berdirinya KAMPUSUNDIP.COM diawali dengan diperkenalkannya situs tersebut ke publik pada 20 Juni 2015 (3 Ramadhan 1436 H) melalui media sosial. 2 Pekan kemudian KAMPUSUNDIP.COM akhirnya dilaunching dengan logo resminya bersama Menteri Riset Teknologi dan Perguruan Tinggi (Menristekdikti) RI M. Nasir dan Rektor Undip Prof. Yos Johan Utama pada 4 Juli 2015 (17 Ramadhan 1436 H) di Fakultas Hukum Kampus Undip Tembalang.

Sejak saat itulah, hingga akhir tahun 2015 dan awal tahun 2016, situs berita dengan tagline “Ringan Mencerdaskan” ini telah memberitakan berbagai macam informasi mengenai dunia perkuliahan mahasiswa serta pendidikan, terutama apa yang terjadi di Kampus Undip.

Selama kurun waktu setengah tahun itu pula KAMPUSUNDIP.COM digarap oleh founder-nya semata. Hingga akhirnya KUC mengadakan oprec dan menerima 44 pengurus baru pada Januari 2016 lalu dari berbagai mahasiswa lintas fakultas dan angkatan di Undip. Dalam melaksanakan program kerjanya, KAMPUSUNDIP.COM berada dibawah naungan Ahsan Group Indonesia yang juga didirikan oleh founder-nya.

Hingga berita ini diturunkan (16 Februari 2016-red), KUC telah genap berusia sebulan sebagai komunitas pers mahasiswa Undip. Adapun statusnya dalam ranah universitas, KUC nantinya berstatus sebagai organisasi Ekstra Kampus. Karena sumber pendanaan dan operasional KAMPUSUNDIP.COM sama sekali tidak melibatkan anggaran birokrasi Undip, melainkan didapat dari hasil tabungan dan usaha mandiri pengurus. (KUC)

- Ringan Mencerdaskan -