Rowosari Asri, Mimpi Tentang Negeri Yang Hijau

KKN Undip Rowosari

KAB. SEMARANG (Kampusundip.com) - Pagi itu, Selasa 9 Februari 2016, tampak beberapa pohon sedang ditanam oleh mahasiswa tim 1 KKN Undip 2016 bersama remaja Karang Taruna Desa Rowosari, Kecamatan Tuntang. Beragam pohon seperti kelengkeng, cengkeh, trembesi, dan mangga di tanam merata di empat dusun yaitu Rowosari, Rowosabi, Rejosari Lord an Rejosari Kidul. Penanaman pohon yang dilakukan oleh tim KKN ini merupakan bagian pembuka acara Rowosari Asri.

Dalam acara tersebut, tim 1 KKN Undip mengangkat tema yang krusial di Rowosari, yaitu sampah. Di Desa Rowosari sendiri, sampah sudah menjadi masalah dari tahun ke tahun yang tak kunjung terselesaikan. Masyarakat desa pun mengatasinya dengan membakar sampah untuk mengurangi jumlah sampah, karna di Desa sendiri tidak mampu untuk mengubur sampah karna air tanah yang berlimpah yang menyebabkan ketika tanah di gali sedalam dalamnya 1 meter sudah mengeluarkan air sehingga kesulitan untuk mengubur sampah yang ada.

Lokasi Desa Rowosari yang jauh dari pusat pemerintahan Kabupaten Semarang, di mana Rowosari berbatasan langsung dengan Kabupaten Salatiga, menjadi kendala tersendiri dalam memperoleh perhatian pemerintah daerah untuk mengatasi masalah sampah.

“Untuk masalah sampah, memang belum ada kendaraan untuk mengangkut sampah warga ke TPA. Rowosari kan jauh dan sulit dijangkau,” terang Pak Mas’ud, Kepala desa Rowosari.

KKN Undip Rowosari

KKN Undip Rowosari

KKN Undip Rowosari

Sampah, terlebih anorganik sendiri sulit terurai bersama tanah, dan ketika dibakar justru menimbulkan asap yang korosif dan karsinogenik. Di samping itu, udara segar menjadi terkena polusi akibat asap, dan tumpukan sampah di mana-mana menjadi pemandangan yang tidak sedap dilihat. Seluruh elemen masyarakat harus berbuat untuk menciptakan lingkungan yang asri,
Tim 1 KKN Undip terinspirasi melakukan solusi agar masyarakat peduli terhadap lingkungannya dan bersedia bersama-sama membantu mencari jalan keluar bagi masalah sampah. Tercetuslah program Rowosari Asri yang dijalankan melalui kerjasama dengan beberapa komunitas pecinta lingkungan seperti MAFIN, Hilo Green, Kresna dan Asa Edu.

Bertempat di balai desa, edukasi kepada masyarakat tentang bahaya sampah, kiat daur ulang sampah, hingga gerakan menanam sayur di lingkungan rumah diberikan. Ibu-ibu PKK yang hadir di balai desa tampak begitu antusias, mengingat belum ada program serupa di Desa Rowosari. (KUC/Rohmah Kusuma Putri)

#UndipMengabdi

- Ringan Mencerdaskan -