PDIH Undip Pertahankan Akreditasi A

PDIH FH Undip

SEMARANG (kampusundip.com) – Fakultas Hukum (FH) Universitas Diponegoro (Undip) kembali berhasil mempertahankan uji kelayakan mutu dan kualitas perkuliahan dengan menerima SK Akreditasi A dari BANPT untuk Program Doktor Ilmu Hukum (PDIH) Undip Januari 2016.

SK itu resmi diserahkan Pembantu Rektor (PR) I Undip Prof. Dr. M. Zainuri kepada Dekan Fakultas Hukum (FH) Prof. Dr. R. Benny Riyanto. Selanjutnya, naskah diberikan kepada Ketua PDIH Prof. Dr. FX. Adji Samekto, disaksikan Sekretaris Prodi Prof. Dr. Rahayu dan Dr. RB. Sularto.

Sebagaimana dilansir SUARA MERDEKA, capaian ini tidak lepas dari kualitas pengelolaan yang dilakukan FH Undip.

”Pada tahun 2009,BAN-PT telah memberikan peringkat A untuk masa akreditasi 2009-2014. Pada akhir tahun 2015, kembali, PDIH FH Undip terakreditasi peringkat A oleh BAN-PT, periode 2015-2020. Capaian itu tentu tidak lepas dari kualitas pengelolaan yang dijabarkan dari visi-misi Undip ke dalam kurikulum dan materi perkuliahan,” tutur Adji usai penyerahan SK Jumat (22/1).

Ditambahkannya, pengelolaan yang berpedoman pada aturan-aturan Rektor dan Direktorat Pendidikan Tinggi, terkait masa studi serta penjaminan kualitas lulusan, menjadi salah satu aktor penerimaan akreditasi peringkat A. Selain itu, koordinasi yang intensif antara prodi ini dengan dekan FH, dan rektor Undip, terutama dalam pemenuhan fasilitas pembelajaran turut mempengaruhi keberhasilan peringkat.

”Pada tahun 2016 ini, PDIH bahkan mencapai usia 21 tahun, dengan jumlah lulusan mencapai 290 orang doktor yang tersebar di berbagai wilayah Indonesia. Sampai usia ini juga, karakter sosio legal yang diwariskan oleh Prof. Satjipto Rahardjo, tetap menjadi ciri khas pembelajaran di PDIH,” imbuhnya.

Dengan karakter itu, lulusan PDIH diharapkan dapat mewarnai penegakan dan pengembangan hukum bagi kesejahteraan bangsa. Karakter sosio legal membawa pemahaman hukum tidak bisa sekedar dimaknai perangkat aturan-aturan normatif yang selalu benar adanya. Tetapi juga bisa dimaknai sebagai sub sistem yang keberlakuannya mempengaruhi dan dipengaruhi sub sistem lain di masyarakat. Diantaranya, ekonomi, politik, budaya, agama dan sebagainya.

Dalam hubungan itulah maka proses pembelajaran di PDIH dilandaskan pada prinsip yang sekaligus ikon, yakni pencarian, pembebasan dan pencerahan. (KUC)

#UndipPrestatif

- Ringan Mencerdaskan -