Keren! Undip Perkuat Riset Aplikasi Berbasis Plasma

Kampusundipcom

SEMARANG (kampusundip.com) - Universitas Diponegoro (Undip) berkeinginan kuat untuk memperkuat risetnya dengan mengembangkan aplikasi berbasis plasma.

Hal ini sebagaimana yang dilakukan oleh 2 dosen Undip Bapak Abdul Syakur bersama Muhammad Nur. Mereka berpendapat keilmuan ini butuh dikembangkan mengingat manfaatnya cukup luas untuk aplikasi di bidang ilmu dan teknologi.

Plasma adalah materi alam bentuk ke empat. Bentuk pertama yakni padat, kemudian kedua cair, ketiga uap atau gas, dan keempat plasma.

“Kajian kelimuan pada bidang ini terwadahi penuh melalui Center for Plasma Research (CPR), yang memberikan ruang peneliti untuk mendalami plasma,” Ujar Muhammad Nur sebagaimana dikutip Harian SUARA MERDEKA.

Manfaat penerapan plasma sangat beragam. Nur bahkan sudah menginisiasi berbagai teknologi tepat guna berbasis plasma. Di mulai dari pembuatan aplikasi pengawet untuk bahan pangan, penciptaan benih tanaman unggul, hingga pemakaian alat untuk membunuh virus atau organik lainnya yang membahayakan tubuh.

Lintas Fakultas

Muhammad Nur juga telah bertemu dengan ilmuan cendekiawan lintas fakultas seperti Fakultas Teknik, Sains & Matematka, Perikanan & Ilmu Kelautan, bahkan Kedokteran untuk menggandeng sebanyak mungkin periset guna membedah persoalan plasma melalui diskusi pemanfaatan aplikasi plasma lintas disiplin ilmu.

“Temu cendekiawan ini juga bertujuan menciptakan aplikasi berbasis plasma yang lebih berdaya guna. Aplikasi yang manfaatnya akan bisa dirasakan ke hilir, yakni pada masyarakat atau industi,” Jelasnya.

Sementara itu, ilmuan Teknik Elektro Undip sekaligus peneliti fenomena kelistrikan halilintar, Abdul Syakur mengaku tertarik dengan penelitian ini. Disiplin ilmu yang didalaminya juga menjangkau persoalan plasma. Pakar kelistrikan Undip itu juga mengaku bidang ilmu plasma menjadi salah satu kajian disiplin pengetahuan yang digelutinya selama bertahun-tahun. (KUC)

- Ringan Mencerdaskan -