Lingkar Ekobis BEM dan UKM Bentuk Komunitas Pengusaha Undip (KPU)


SEMARANG (kampusundip.com) - Gairah berwirausaha nampaknya semakin menggelora di kalangan mahasiswa Undip. Hal tersebut tercermin dari antusiasme 60 mahasiswa yang menghadiri pertemuan Lingkar Ekonomi dan Bisnis Undip Edisi ke-5 hadir di ruang A.103 FK Undip. Acara yang diselenggarakan pada hari Jumat, 6 November 2015 tersebut membahas dua agenda utama yakni Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) dan pendirian Komunitas Pengusaha Undip (KPU).

Agung Priambada sebagai Kepala Bidang Kewirausahaan BEM Undip menyampaikan bahwa komunitas ini berdiri atas persetujuan bersama. “Kami telah bertemu langsung dengan 11 lembaga antara lain: R’nB, IMA, HIPMI, SM dan perwakilan dari bidang ekobis di BEM Fakultas seperti FPIK, FKM, FSM, FT, FH FK dan FEB. Pertemuan hari ini membuahkan kesepakatan berdirinya Komunitas Pengusaha Undip.” Ungkap mahasiswa FH tersebut.

Pria kelahiran Jakarta itu menambahkan bahwa saat ini teknis rekrutmen sedang dalam tahap pematangan. Mahasiswa yang telah memiliki usaha dan siap untuk diorder (dipesan) merupakan sasaran anggota KPU.




Terdapat beberapa keuntungan apabila pengusaha Undip mendaftarkan diri dalam komunitas ini, antara lain: pertama mendapatkan jaringan antar-pengusaha di tingkat Universitas. Kedua, fasilitasi informasi pameran yang diselenggarakan oleh lembaga-lembaga di tingkat Universitas. Ketiga, direncanakan akan diselenggarakan edukasi perizinan usaha seperti sertifikasi P-IRT,  Halal MUI, NPWP dan SIUP.

“Saya mewakili UKM Research and Business Undip menyambut baik atas didirikanya Komunitas Pengusaha Undip. Semoga KPU dapat mewadahi pengusaha yang ada di Undip untuk memperluas jaringan wirausahanya. Diharapkan program yang direncanakan dapat berjalan lancar sehingga komunitas ini dapat berkontribusi membangun daya saing dalam iklim Masyarakat Ekonomi ASEAN.” Tutur Regandhi (Manajer Public Relation UKM R’nB).

“Dengan adanya komunitas ini, diharapkan para pengusaha yang ada di Undip dapat mengembangkan bisnisnya dan siap bersaing dalam persaingan global.” Pungkas Agung. (KUC)

Reporter: Hantiantoro M.I.K (UKM R’nB Undip) 085641808140

- Ringan Mencerdaskan -