Ini Dia Desain Percantikan Student Center Karya Mahasiswa FPIK Undip

Berikut adalah hasil karya desain, rancangan, sekaligus analisa percantikan Student Center (SC) Undip dari seorang mahasiswa Program Studi Ilmu Kelautan FPIK Undip dalam rangka sayembara yang diadakan BEM Undip 2015. Berikut isi yang disampaikan perancang dalam dokumen yang dikirim ke KAMPUSUNDIP.COM :

#####################################################

Assalamu’alaikum wr wb.

Yang terhormat panitia percantikan gedung dan area Student Center (SC) Undip, berikut saya sampaikan penjabaran, analisa, dan latarbelakang mengenai desain yang saya buat sebagaimana yang tertera dalam pengumuman sayembara percantikan SC dari BEM Undip bulan Oktober 2015 ini. Berikut penjabarannya :

GAMBARAN DESAIN DILIHAT DARI ATAS




30 Persen Area Hijau

Idealnya, sebuah wilayah pembangunan memiliki sekitar 30% dari luas total untuk area hijau /  Ruang Terbuka Hijau (RTH). Konsep tersebut sudah diterapkan dalam desain SC yang dibuat diatas. Dengan memaksimalkan ketersediaan lahan yang ada untuk penghijauan dan mengurangi area paving block yang cenderung mendominasi area SC yang ada saat ini.

A.   Depan
1.    Penempatan Air Mancur
Pada bagian depan, tepatnya di area yang biasa dijadikan tempat berkumpul mahasiswa terdapat sebuah air mancur. Air mancur ditempatkan pada bagian depan bertujuan agar memberikan kesan sejuk kepada para mahasiswa karena memang di tempat inilah paling banyak mahasiswa berkumpul. Selain itu, penempatan air mancur dibagian depan dan persis di tengah SC memberikan nuansa keserasian bangunan. Air mancur ini pun dikonsep bisa dimatikan/dihidupkan sesuai kebutuhan.

2.    Tulisan “Student Center Diponegoro University”
Tulisan ini ditempatkan dibagian atap depan dan persis ditengah-tengah gedung SC. Hal ini bertujuan sebagai “tanda” bahwa area ini adalah SC. Karena orang yang belum tahu mana itu gedung SC akan segera tahu dengan adanya tanda ini. Selain itu, adanya tanda ini juga bisa dimanfaatkan untuk melakukan foto bersama. Apalagi ditambah dengan hiasan air mancur yang akan membuat moment foto bersama lebih menyejukkan.

BAGIAN DEPAN SC - Terdapat air mancur dan ‘tanda’ daripada bangunan SC

3.    Area Parkir Terpadu Khusus Mobil
Adanya area khusus ini bertujuan supaya mobil-mobil yang nanti menuju SC bisa parkir lebih rapi tidak sembarang tempat. Sehingga area SC terlihat lebih tertata.

4.    Area Parkir Terpadu Khusus Sepeda Motor
Hampir sama dengan point diatas. Selama ini, sepeda motor yang ada di SC cenderung diparkir dibagian depan SC sebelah timur. Bahkan jika sudah banyak yang parkir, akan menyebabkan jalur masuk menuju SC terkesan sempit. Sehingga diperlukan area khusus untuk memarkir sepeda motor. Dalam desain ini dipilihkan lahan dibagian timur SC. Dipilihnya lahan ini bukan tanpa alasan, karena sangat sesuai dengan arah dan alur masuk – keluar kendaraan di SC (akan dibahas pada point berikutnya) sekaligus memanfaatkan lahan kosong untuk memaksimalkan fasilitas penunjang SC.

AREA PARKIR TERPADU - Khusus mobil dibagian depan SC
AREA PARKIR TERPADU - Khusus sepeda motor dibagian depan arah barat SC


5.    Jalur Khusus Kendaraan Masuk dan Keluar SC
Selama ini, jika kita keluar masuk SC selalu memakai jalur yang sama. Yakni dibagian depan timur SC. Padahal, dibagian barat juga terdapat ‘tanda’ bangunan bahwa disitu juga ada jalur lain. Namun selama ini cenderung terbengkalai dan tidak dimanfaatkan. Oleh karena itu, dalam desain ini dikonsep sedemikian rupa untuk merancang alur masuk dan keluar kendaraan dari dan menuju SC. Konsep dalam desain ini dirancang sesuai dengan arah jarum jam. Jalur masuk memakai jalur yang selama ini ada (sebelah timur). Sedangkan jalur keluar dengan memanfaatkan ‘tanda’ yang telah disebutkan tadi sebagai jalur keluar (sebelah barat). Dengan demikian, alur kendaraan yang masuk dan keluar SC akan lebih tertata rapi, kondusif, dan tentunya memaksimalkan fasilitas yang ada sebelumnya dengan membangun jalur keluar pada ‘tanda’ dibagian depan barat SC.

JALUR KHUSUS - Untuk keluar masuk kendaraan SC

SEARAH JARUM JAM - Dikonsep agar tidak terjadi 'tabrakan' arus kendaraan

JALUR KELUAR SC - Dengan memanfaatkan ‘tanda’ berupa tembok yang sebelumnya telah ada


6.    Penambahan Pohon & Bunga di Area Gedung
Berguna sebagai peneduh sekaligus area hijau SC. Yang akan menambah suasana asri SC yang selama ini dibagian depan cenderung didominasi susunan paving block.

PENGHIJAUAN - Area penghijauan bagian depan SC dilihat dari atas

PENGHIJAUAN - Dengan menambah pohon dan bunga di area SC yang cenderung didominasi paving block

PENGHIJAUAN - Dibagian depan bangunan tengah SC

PENGHIJAUAN - Pada bagian depan SC dan dekat koperasi dilihat dari atas



 
B.    BELAKANG
1.    Penambahan Anak Tangga
Hal ini bertujuan untuk memudahkan sekaligus memberi kenyamanan bagi mahasiswa yang akan turun ke bagian belakang SC. Karena “tanggung” jika daerah itu tidak ada tambahan anak tangga padahal merupakan bagian utama lalu lalang mahasiswa.

ANAK TANGGA - Penambahan anak tangga pada bagian belakang gedung SC


2.    Penambahan Area Hijau
Fungsi dan tujuanya sama. Sebagai peneduh sekaligus area hijau bagian belakang SC. Dipilihnya samping gedung untuk ditanami pohon juga bukan tanpa alasan. Karena didaerah tersebut bisa dipakai untuk lalu-lalang dan kumpul mahasiswa.

PENGHIJAUAN - Penghijauan pada bagian belakang gedung SC



C.    DALAM
1.    Penambahan Jalur dan Tanaman di Tengah Gedung
Jalur yang dimaksud adalah jalur menuju tangga. Selama ini mahasiswa yang akan menuju lantai 2 lewat bagian tengah gedung harus memutar arahnya sebelum sampai ke tangga. Dengan adanya penambahan jalur di bagian tengah ini, akan lebih mempersingkat jarak tempuh dan efisiensi waktu. Lalu untuk tanaman, tidak dipungkiri lagi adalah untuk menambah keasrian SC. Apalagi, dibagian ini adalah pusat dari bangunan SC dan jalur keluar masuk mahasiswa.

PENAMBAHAN JALUR & TANAMAN - Ditengah gedung SC lantai dasar

2.    Peninggian Area Sayap SC & Penambahan Area Fungsi Lantai Dasar
Area ini berada dibagian tengah antara sisi utara dan selatan SC yang selama ini kosong. Dalam konsep desain, area tengah ini ditinggikan sekitar 30 cm dari tinggi lantai dasar sekaligus menambah area fungsi lantai dasar. Dengan adanya konsep semacam ini, area ini bisa digunakan untuk duduk para mahasiswa. Bahkan bisa menjadi tempat alternatif mahasiswa untuk mengadakan kumpul maupun rapat diluar ruangan yang selama ini lebih sering menggunakan area samping tangga lantai 2. Padahal daerah itu merupakan jalur lalu-lalang mahasiswa dan kerap kali membuat mahasiswa harus memutar jalur untuk menuju sekre UKM-nya. Sehingga, dengan adanya penambahan area dibagian lantai dasar ini, diharapkan bisa memberikan lebih banyak pilihan tempat bagi mahasiswa yang akan melakukan rapat diluar sekre. Dan tentunya tidak mengganggu mahasiswa lain yang akan menuju ke sekre masing-masing. Sebagai tambahan, area ini juga bisa ditambahkan pot bunga untuk keasrian bagian dalam SC.

PENAMBAHAN AREA LANTAI DASAR - Ditinggikan sekitar 30 cm yang bisa digunakan untuk tempat berkumpul/rapat mahasiswa diluar ruangan

3.    Penutupan Atap
Dalam rancangan desain ini, atap yang selama ini masih ada bagian sisa kosong (tidak tertutup), diusulkan untuk ditutup. Apalagi jaraknya yang juga tidak terlalu jauh antara sisi atap utara dan selatan SC. Penutupan atap ini berguna untuk memaksimalkan fungsi lantai dasar (sebagaimana yang sebelumnya telah dibahas) agar ketika turun hujan, air tidak masuk ke dalam dan membasahi lantai. Sebagai gantinya ketika turun hujan, dalam rancangan ini aliran air hujan sudah dikonsep sedemikian rupa dengan diarahkan menuju bagian tengah SC agar dapat jatuh tepat ditengah taman lantai dasar SC. Adapun untuk tutupan atap, dipilih material yang tembus pandang agar sinar matahari tetap bisa menerangi bagian dalam SC saat siang hari. Dengan adanya rancangan seperti ini, area dalam SC akan tetap aman dan bisa digunakan meski hujan turun, aliran air hujan pun juga akan jatuh “ditempat yang tepat” (taman bunga-red), dan tentunya meringankan petugas kebersihan ketika harus mengepel lantai yang kotor. Karena sudah diminimalisir dengan penutupan atap sehingga dijamin ketika hujan turun lantai dasar SC tidak akan becek oleh air hujan.

PENUTUPAN ATAP - Dengan menggunakan material tembus pandang sinar matahari

ARAH ALIRAN AIR HUJAN - Langsung menuju taman ditengah SC lantai dasar

4.    Taman Bunga (Lantai 2)
Area yang ada didaerah ini selama ini cenderung kosong. Maka dari itu, alangkah indahnya jika dimanfaatkan untuk ditanami berbagai tanaman bunga sebagai penghias SC dan dibagian tengahnya disediakan jalur untuk lewat para mahasiswa. Tempat ini nantinya juga bisa dijadikan untuk foto-foto bagi mereka yang menginginkan nuansa taman bunga.

TAMAN BUNGA - Dibagian lantai 2 atap SC



D.   SAMPING KOPERASI
1.    Penambahan Area Hijau dengan Gazebo, Meeting Outdoor dan Jogging Track
Segala yang disebutkan diatas bertujuan untuk memaksimalkan fasilitas penunjang SC. Tentu saja, Gazebo, Meeting Outdoor dan Jogging Track yang ditempatkan diarea hijau ini bukan tanpa alasan. Yakni agar suasana sejuk dari pepohonan yang nantinya tumbuh rimbun disitu bisa dirasakan orang-orang yang berada dibawahnya, terutama siang hari. Karena kebanyakan pohon-pohon rindang tumbuh, namun tidak bisa dijangkau oleh seseorang. Sehingga dengan konsep semacam ini, diharapkan mahasiswa lebih betah dan nyaman di SC.

SAMPING KOPERASI - Berisi taman bunga, gazebo dan jogging track mini bagi mahasiswa


Demikian kurang lebih penjabaran desain dan analisa percantikan SC dari Saya. Jika ada salah kata, maupun kalimat yang tidak berkenan dalam penjabaran ini Saya mohon maaf. Semoga apa yang disampaikan ini bisa bermanfaat untuk memaksimalkan fasilitas yang ada di SC khususnya, dan bisa memberikan sumbangsih untuk peningkatan sarana dan prasarana di Undip sebagai bagian dari Rumah Kita bersama.

Sekian dari saya, atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih.

Wassalamu’alaikum wr wb.

______________________________________________________

Berikut adalah gambaran sebelum & sesudah dengan sampel foto asli diambil langsung dari lapangan :
















Didesain dan dirancang oleh :

Nama : Aji Kurniawan AP
Prodi : Ilmu Kelautan
Jurusan : Ilmu Kelautan
Fakultas : Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK)
No.HP/WA : 089624375836
ID Line : ajikurniawanap
Email : ajikurniawan.asia@gmail.com


#################################################




Hingga tulisan ini dimuat, rancangan desain diatas masih dalam tahap penilaian dan menunggu pengumuman resmi dari panitia sayembara percantikan SC Undip. (KUC)

- Ringan Mencerdaskan -