Terkait Jumlah Tim dan Hasil Akhir, Undip Wajib Belajar dari Kejutan PIMNAS 2012


KENDARI (kampusundip.com) – Menduduki posisi puncak peserta PIMNAS 2015 dengan 36 tim tidak serta merta membuat Undip berleha-leha. Terkait jumlah tim dan hasil akhir, Undip wajib belajar dari kejutan PIMNAS tahun 2012.

Pada PIMNAS tahun 2012 yang digelar di Universitas Muhammadiyah Yogyakarya (UMY) lalu, peringkat pertama jumlah tim yang lolos, yakni Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) yang begitu superior dengan 41 timnya, harus menelan pil pahit tatkala peluang terbesar untuk menggondol piala bergilir Adikarta Kertawidya sirna setelah kontingen Universitas Brawijaya (UB) akhirnya keluar sebagai Juara Umum PIMNAS 2012.

Ini jelas sebuah kejutan. Bagaimana tidak? Kontingen UB yang menjuarai PIMNAS 2012 lalu ini ‘hanya’ bermodalkan 24 tim. Jauh dibawah ITS. Bahkan, jika dihitung-hitung, jumlah tim UB hampir separo dari jumlah tim ITS kala itu (24 berbanding 41-red).

Sejarah ini tentu harus menjadi pelajaran berharga bagi Undip yang pada PIMNAS 2015 menduduki posisi puncak jumlah peserta dengan meloloskan 36 tim. Selain menjadi pelajaran, Undip juga wajib waspada karena posisi puncaknya sama dengan ITS yang juga meloloskan jumlah 36 tim.

Ditambah lagi, sebagaimana yang sudah diberitakan sebelumnya Undip juga “dikepung” oleh peraih Juara PIMNAS 3 kali UB dengan 35 tim, dan pemegang rekor Juara PIMNAS terbanyak (5 kali), yakni UGM dengan 27 tim.

Jumlah tim yang tidak terlalu jauh jaraknya antar perguruan tinggi jelas membuat Undip wajib ekstra kerja keras guna memboyong piala bergilir Adikarta Kertawidya untuk pertama kalinya sepanjang sejarah. (KUC)

#KawalPIMNAS Untuk Undip Raih Emas...!


- Ringan Mencerdaskan -