Mahasiswa Undip Sulap Limbah Kulit Pisang Jadi “ANEBUNCI” (Aneka Sabun Cuci)


Limbah kulit pisang yang selama ini hanya dianggap sebagai sampah ternyata bisa dimanfaatkan sebagai sabun cuci.  ANEBUNCI (Aneka Sabun Cuci) yang terdiri dari  SACUTOR (Sabun Cuci Motor), SACURING (Sabun Cuci Piring), dan SACUJU (Sabun Cuci Baju), merupakan inovasi dari lima mahasiswa Fakultas Kesehatan Masyarakat (FKM) Undip, yaitu Reni Setyarini, Khaerunnisa Uljanah, Tuti Yuniatun, Hamas Musyadad Abdul aziz dan Rozzaq Alhanif Islamudin.

Tergabung dalam Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) dibidang Pengabdian kepada Masyarakat, mereka kemudian mencari terobosan untuk mengolah limbah kulit pisang menjadi produk yang bernilai ekonomis tinggi.

Melihat manfaat yang cukup besar dari kandungan limbah kulit pisang, mahasiswa ini menjadikan kulit pisang  sebagai bahan pembuatan aneka sabun cuci karena kandungan senyawa kimia yang dimilikinya. “Kulit pisang mengandung saponin (penghasil busa), flavonid dan tanin (bahan antiseptik) yang bisa dijadikan sebagai bahan dalam pembuatan sabun.” Kata Reni Setyarini.

Pembuatan anebunci diawali dengan pencucian kulit pisang hingga bersih kemudian diambil ekstraknya. Setelah itu dicampurkan dengan bahan-bahan lain yang telah didiamkan selama 24 jam kemudian dikemas dalam botol 250 ml.

Reni Setyarini yang juga ketua kelompok PKM menjelaskan memilih limbah kulit pisang karena mudah ditemui. “Selain itu, tanaman pisang atau bahasa ilmiahnya Musa paradisiaca merupakan tanaman yang tersebar hampir diseluruh wilayah Indonesia. Jadi bahan bakunya sangat mudah didapat," paparnya.







Produksi ANEBUNCI (Aneka Sabun Cuci) merupakan program percontohan yang dilaksanakan di Kelurahan Meteseh, Kecamatan Tembalang, Kota Semarang. Tepatnya di RT 01 RW 08 Kelurahan Meteseh dengan melibatkan ibu-ibu PKK setempat. Saat ini telah terbentuk Usaha Mikro Kecil Menengah yang diberi nama KUMAMI (Kelompok Usaha Meteseh Anebunci Mandiri). Dengan terbentuknya terbentuknya UMKM KUMAMI diharapkan bisa menggerakkan masyarakat menengah kebawah yang lain untuk menjadi bagian dari UMKM tersebut dan dapat meningkatkan tingkat kesejahteraan masyarakat di Kelurahan Meteseh. (KUC/Reni)

#KawalPIMNAS Untuk Undip Raih Emas..!

- Ringan Mencerdaskan -