Mahasiswa Berpredikat "Cumlaude" Akan Jadi PNS Tanpa Tes


SURABAYA (kampusundip.com) - Kabar gembira bagi Anda para mahasiswa. Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi akan proaktif mencari lulusan terbaik dari perguruan tinggi ternama yang berstatus "cumlaude" untuk diberi kesempatan menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) tanpa tes.

"Mahasiswa yang cumlaude dan dari perguruan tinggi ternama, silakan masuk, mau pilih posisi di mana saja. Saya jamin tanpa tes, hanya syarat administrasi saja," kata Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Yuddy Chrisnandi, di Surabaya, Rabu (28/10/2015) sebagaimana yang dikutip regional.kompas.com.

Yuddy Chrisnandi menambahkan, haram hukumnya menyiakan-nyiakan mereka karena mereka berpotensi mampu meningkatkan kinerja aparatur sipil negara. Selain itu, Yuddi juga akan memerintahkan deputi SDM untuk mendeteksi dan mencari lulusan terbaik untuk ditawari menjadi PNS.

"Para rektor perguruan tinggi, silakan menghubungi kami jika ada mahasiwanya yang berprestasi," tambahnya.

Untuk mendukung penyediaan aparat yang berkualitas, Kemenpan-RB memiliki program pendidikan beasiswa Lembaga Pengelola Dana Pendidikan (LPDP). Program yang baru tahun ini dibuka tersebut mendidik siswa berprestasi yang nantinya akan direkrut menjadi pegawai pemerintah.

Sebagaimana yang diketahui, predikat "Cumlaude" merupakan prestasi akademik mahasiswa dengan IPK diatas 3,5 dan berhasil lulus dengan menempuh masa studi maksimal 10 semester. Adanya berita ini tentu menjadi kabar gembira bagi mahasiswa yang berhasil menorehkan IPK "Cumlaude". (KUC)

(Foto : news.liputan6.com)

- Ringan Mencerdaskan -