Jelang Wisuda, Mahasiswa Keperawatan Undip Sumbang Gelar Juara 1 Lomba Poster Ilmiah Se-Jawa


SEMARANG (kampusundip.com) - Mahasiswa Program Studi Ilmu Keperawatan, Jurusan Keperawatan FK Undip, Fida’ Husain, kembali menorehkan prestasi membanggakan dalam bidang desain, khususnya poster.

Husain, demikian panggilan akrab mahasiswa angkatan 2011 ini berhasil meraih Juara I dalam ajang kompetisi poster mahasiswa se-Jawa di Festival Ilmiah 2015 yang diselenggarakan oleh FIFA Sport Fakultas Ilmu Keolahragaan Univeritas Negeri Semarang (FIK Unnes).

Kegiatan yang bertemakan “Inovasi Generasi Sportif dan Kreatif dalam Menghadapi MEA Menuju Indonesia Unggul” tersebut dimulai sejak bulan Agustus 2015 hingga babak final pada 24 Oktober 2015.

Festival Ilmiah 2015 terdiri dua lomba, yaitu karya ilmiah remaja (KIR) untuk SMA/SMK sederajat dan lomba poster untuk mahasiswa se-Jawa. Seleksi dilakukan dalam 2 tahap, yaitu penjurian awal dan tahap presentasi. Dalam penjurian awal terdapat 29 poster yang masuk, kemudian diambil 11 finalis untuk masuk babak presentasi. Kesebelas univeritas yang masuk final untuk mempresentasikan hasil karyanya antara lain Univeritas Diponegoro (Undip), Univeritas Negeri Sebelas Maret (UNS), Univeritas Negeri Semarang (Unnes), Institut Teknologi Bandung (ITB) dan Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta.

Setelah melaksanakan babak presentasi diumumkan urutan 3 besar juara lomba poster. Juara 1 atas nama Fida’ Husain (Undip) dengan judul “Cegah Obesitas Hidup Sehat Berkualitas”. Juara 2 atas nama Risang Pratama (Unnes) dengan judul “Mahasiswa Keren Mahasiswa Sehat”. Dan Juara 3 atas nama Gilang Aji Gumelar (UNS) dengan judul “Masih Mau Sehat, Pilih yang Mana?”.


Poster Cegah Obesitas Hidup Sehat Berkualitas merupakan ajakan kepada masyarakat untuk memeriksa IMT (indeks massa tubuh) secara rutin, faktor yang berpengaruh pada obesitas beserta dampak negatifnya dan berbagi tips mengenai hidup sehat. Makanan merupakan kebutuhan primer yang sangat penting bagi kelangsungan hidup, tetapi apabila makanan dikonsumsi berlebihan akan menimbulkan berbagai hal yang merugikan kesehatan, antara lain tekanan darah tinggi, kencing manis, sakit jantung, batu empedu dan kanker.

Melalui poster yang dibuat dengan program photoshop ini diharapkan dapat menjadi sumber informasi dan motivasi masyarakat dalam mencegah obesitas untuk mencapai hidup sehat berkualitas.

Poster Fida’ Husain, mahasiswa yang diwisuda pada tanggal 28 Oktober 2015 ini juga masuk final di ajang kompetisi poster nasional dalam Nutrition Fair Institut Pertanian Bogor (IPB) 2015.

Ayo dukung Undip jadi juara favorit dengan cara masuk ke account Facebook like posternya di link disini. (KUC/keperawatan.undip.ac.id)

- Ringan Mencerdaskan -