FK Undip Juarai Indonesia Medical Olympiade (IMO) 2015 di Unhas


MAKASSAR (kampusundip.com) - Mahasiswa Fakultas Kedokteran (FK) Undip berhasil mempertahankan supremasi perolehan medali diajang Indonesia Medical Olympiade (IMO) dengan 1 medali emas dan 2 medali perak yang berlangsung di FK Universitas Hasanuddin (Unhas) pada tanggal 14-18 Oktober 2015.

Ajang bergengsi lomba akademik ini diprakarsai oleh ISMKI (Ikatan Senat Mahasiswa Kedokteran Indonesia dan mendapatkan dukungan dari AIPKI (Asosiasi Institusi Pendidikan Kedokteran Indonesia), Kementerian Riset Dikti juga Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. IMO merupakan kompetisi terbesar untuk mahasiswa kedokteran di Indonesia yang menguji capaian akademik.

IMO tahun ini diikuti 538 peserta dan 53 FK dari seluruh Indonesia. Sebagaimana yang dilansir dari situs resmi Undip, pada ajang bergengsi tahun 2015 ini, FK Undip mengirimkan 12 delegasi yang terdiri dari 2 mahasiswa tahap sarjana kedokteran ditiap timnya. Mereka adalah mahasiswa pilihan yang mewakili FK Undip. 

Mereka adalah Tim Infeksi Tropis yang terdiri dari Amanda Kristiani dan Yustina Wahyuningtyas, Tim NeuropsikiatrI oleh Novita Ikbar Khairunnisa dan James Otniel, Tim Muskuloskeleta oleh Hizkia Christian Wilianto dan Chandra Hermawan M, Tim Digestif oleh Nova Nasikhatussoraya dan Christian Tricaesario Manapa, Tim Uroreproduksi oleh Jonathan Alvin Nugraha Halim dan Maya Qorry Aina Noech, dan Tim Kardiorespirasi oleh Joceline Theda Kadarman dan Valensa Yosephi.

Tahap pertama (uji tulis MCQ system dan OSPE- Objective structured practical examination), seluruh tim berhasil masuk ke dalam semifinalis 10 besar, kemudian di hari ke-2 pada ujian OSCE (Objective Structured Clinical Examination) tim FK Undip masuk seleksi grandfinalis 5 besar (kardiorespirasi, musculoskeletal, neuropsikiatri, infeksi tropis).

Selanjutnya pada tahap akhir (hari ke-3) tim FK UNDIP mengikuti ujian presentasi SOOCA dan LCT dimana hasil rekap pada 2 uji tersebut menempatkan FK Undip memperoleh 1 medali emas (musculoskeletal) dan 2 perak (kardiorespirasi dan neuropsikiatri).

Berikut adalah daftar perolehan medali sejak tahun 2012-2015
2012: 1 perak (kardiorespirasi) 1 perunggu (digestif),
2013: Juara umum dengan 2 emas 2 (neuropsikiatri, muskuloskeletal) perak (urogenital, digestif),
2014: Peringkat ke-tiga dengan 1 emas (neuropsikiatri) 1 perak (muskuloskeletal),
2015: Peringkat ke-dua dengan 1 emas (muskuloskeletal) 1 perak (neuropsikiatri) 1 perak (kardiorespirasi).

Torehan prestasi yang tidak pernah absen mendapatkan medali sejak keikusertaannya di tahun 2012 dan selalu di peringkat 3 besar, tentunya tidak terlepas dari usaha keras mahasiswa dan tim pembimbing. Prestasi ini pun juga menjadi semangat bagi FK Undip untuk menjadi pusat pendidikan kedokteran terkemuka di Asia Tenggara. (KUC)

(Sumber foto : www.undip.ac.id)

- Ringan Mencerdaskan -