ECOCAR, Teknologi Antisipasi Kecelakaan Mobil Karya Mahasiswa Undip


Akhir-akhir ini, banyak pemberitaan di media masa mengenai kecelakaan kendaraan mobil dikarenakan mesin mati mendadak dan juga rem blong. Mesin mobil yang mati secara mendadak tersebut diduga disebabkan oleh aki mobil yang lemah dan juga suhu mesin yang tinggi. Kecelakaan ini tentunya dapat dihindari jika saja pengendara mengetahui kondisi dari mobilnya tersebut sebelum dia berkendara. Namun, kebanyakan dari pengendara mobil tidak mengetahui kondisi mobilnya sebelum berkendara.

Hal ini lah yang kemudian menggerakkan lima orang mahasiswa Fakultas Teknik Undip untuk menciptakan suatu sistem yang mampu memonitoring kondisi komponen-komponen mobil tersebut. Mereka adalah Muhamad Yahya (Ketua Peneliti, Jurusan Teknik Elektro, 2012), Muhammad Taufiqurrahman (Jurusan Teknik Elektro, 2012), Fahmi Pranadita Minerva (Jurusan Teknik Elektro,2012), Wafid Hudaya Rohman (Jurusan Teknik Elektro, 2014), dan Fitra Arisabmika (Jurusan Teknik Mesin, 2012). ECOCAR (Embedded Computer On Car), begitulah mereka menamakan sistem tersebut.

Fitra menjelaskan bahwa Aki, Kampas rem, Minyak rem, dan Radiator merupakan komponen penting yang harus diperhatikan dalam berkendara. Aki merupakan sumber daya listrik untuk menjalankan fungsi-fungsi kelistrikan pada kendaraan mobil. Kampas dan minyak rem harus dalam kondisi yang bagus untuk memastikan mobil berhenti bergerak pada waktu yang tepat. Radiator menjaga suhu mesin kendaraan tidak mengalami pemanasan lebih (Overheat).

Berdasarkan pengujian pada bulan Juni 2015 lalu, sistem ini mampu memberikan peringatan kepada pengguna ketika kondisi komponen-komponen mobil tersebut kurang bagus. Sistem ini juga tidak menghabiskan daya listrik di mobil karena hanya menggunakan daya sekitar 4,44 Watt. Selain itu, sistem ini juga dilengkapi pengamanan pintu mobil melalui Bluetooth Smartphone pengguna sehingga meningkatkan keamanan mobilnya. Sistem ini menggunakan mini komputer Raspberry Pi dalam melakukan fungsinya. Fahmi mengatakan bahwa mini komputer Raspberry-Pi ini memiliki potensi yang sangat luas dalam pengembangan sistem ini ke depan.






Pembuatan sistem ini bertujuan untuk mempermudah para pengguna mobil dalam memonitoring kondisi dan mengintegrasikan sistem-sistem yang ada pada mobilnya sehingga kecelakaan mobil bisa dikurangi. Melalui ajang Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional ke 28 di Kendari nanti, mereka akan mempresentasikan hasil kegiatan penelitian ini di depan dewan juri dan mereka berharap, kegiatan tersebut merupakan langkah awal dalam penerapan sistem ECOCAR di masyarakat disamping medali emas yang bisa diraih untuk mengharumkan nama Undip di tingkat Nasional, Aamiin. (KUC/Wafid Hudaya)

#KawalPIMNAS Untuk Undip Raih Emas..!

- Ringan Mencerdaskan -