Peringati IHSD, Kemuslimahan INSANI Undip Gelar Aksi “Asyiknya Berhijab”


SEMARANG (kampusundip.com) – Dalam rangka memperingati International Hijab Solidarity Day (IHSD) yang jatuh pada Jum’at, 4 September 2015, Kemuslimahan Lembaga Dakwah Kampus (LDK) INSANI Undip menggelar aksi bertemakan “Asyiknya Berhijab”.

Aksi ini digelar pada 2 waktu yang berbeda. Aksi pertama dilaksanakan pada 4 September disepanjang Jalan Utama Prof. Soedarto, SH, tepatnya di depan Masjid Kampus (Maskam) Undip Tembalang, Semarang. Sebelumnya, para peserta aksi yang juga diikuti oleh perwakilan dari LDF-LDF se-Undip ini menggelar persiapan di Selasar Maskam pada pukul 06.00 WIB.



Sedangkan aksi kedua berlangsung pada Ahad, 6 September 2015. Berbeda dengan aksi yang dilakukan di kampus, dalam aksi yang dilakukan bersamaan dengan agenda car free day di Simpang Lima ini, turut pula peserta dari berbagai kampus di Kota Semarang yang tergabung dalam Jaringan Muslimah Daerah (Jarmusda) Puskomda Semarang Raya.

Dalam aksinya, para peserta yang dominan dengan dresscode merah muda ini mengajak kepada segenap muslimah (baca: perempuan/wanita beragama Islam), baik kalangan mahasiswa maupun yang lainnya untuk berhijab. Aksi ini diisi dengan longmarch, orasi dan bagi-bagi hijab gratis kepada masyarakat setempat. Masyarakat pun juga tampak antusias tatkala mendapat hijab dari peserta aksi.




Adanya aksi ini sontak membuat suasana berbeda dalam car free day di Ibu Kota Provinsi Jateng ini. Yang sebelumnya hanya terlihat warga bersepeda atau jogging, car free day  diawal bulan September 2015 ini punya nuansa baru dengan dihiasi aksi damai “Asyiknya Berhijab” dari Kemuslimahan INSANI Undip dan Jarmusda Semarang.








Respon netizen pun cukup positif menanggapi aksi ini. Hal itu bisa dilihat dari banyaknya jumlah ‘like’ setiap foto aksi  diposting di media sosial.

Meski dalam rangka IHSD, ada faktor lain yang sebenarnya lebih penting dan mendasar kenapa aksi ajakan untuk berhijab ini dilakukan. Mengingat, perintah berhijab/menutup aurat sudah jelas diperintahkan dalam Islam untuk seluruh muslimah yang telah baligh (dewasa) tanpa terkecuali. Sebagaimana dalam QS. An-Nur ayat 21 :

“…Janganlah mereka menampakkan perhiasannya kecuali yang biasa nampak dari padanya. Dan hendaklah mereka menutupkan kerudung (khimar) ke dadanya…” (QS. An-Nur ayat 31) (KUC)

(Foto-foto : @Muslimah_Undip & Puskomda Semarang Raya)

- Ringan Mencerdaskan -