Mahasiswa Undip Bisnis Ayam “Kampus Seksi”























Kelangkaan daging sapi di pasaran mengakibatkan harganya melonjak naik mencapai 120.000/Kg. Alternatif yang dipilih oleh masyarakat adalah mengganti kebutuhan protein hewani dari daging sapi dengan daging ayam. Selain mudah diperoleh, harga daging ayam juga relatif terjangkau.

Meski demikian, bisnis penyediaan daging ayam juga tidak terlepas dari kontroversi. Antara lain penggunaan antibiotik yang dapat menimbulkan residu pada daging yang mengakibatkan terjadinya berbagai penyakit mulai alergi pada tingkat yang paling ringan sampai penyakit yang paling berbahaya yaitu kanker.


Menyikapi permasalahan tersebut, 4 mahasiswa Universitas Diponegoro mempunyai terobosan baru yaitu dengan membuat usaha Ayam Kampus Seksi (Ayam Kampung Super Sehat dengan Ekstrak Daun Sirsak). Mereka adalah Dwi Priono, Tri Budi Yudawan, Ali Muhajirin dan Anwar Solakhudin. Semuanya adalah mahasiswa Fakultas Peternakan dan Pertanian (FPP) Undip yang tergabung dalam satu kelompok PKM (Program Kreatifitas Mahasiswa) dibawah bimbingan Dr. Ir. Wiludjeng Roessali, M.Si.
“Kami memilih ayam kampung super atau sering disebut ‘joper’ karena produktivitasnya lebih tinggi dibandingkan ayam kampung biasa, namun kualitas tekstur dan rasa daging yang dimiliki tidak kalah. Selain itu proses pemeliharaan ayam ini tidak menggunakan antibiotik maupun vaksin agar dagingnya lebih sehat dan aman,” kata Dwi Priono sebagai ketua tim.



Daun sirsak mereka pilih setelah melakukan studi ilmiah yang menemukan beberapa penelitian menunjukkan bahwa daun sirsak memiliki kandungan Annonaceous acetogenins yang memiliki sifat sitotoksik. “Senyawa sitotoksik merupakan senyawa yang dapat menghambat pertumbuhan sel kanker. Selain itu, ekstrak daun sirsak juga memiliki senyawa Alkaloid dan Flavonoid yang dapat mencegah penyakit diabetes,tambahnya. (KUC/Dwi Priono)
#KawalPIMNAS Untuk Undip Raih Emas..!

- Ringan Mencerdaskan -