Kemuslimahan INSANI Undip Gelar Bedah Buku dan Promo Film KMGP


SEMARANG (kampusundip.com) – Untuk pertama kalinya, buku Ketika Mas Gagah Pergi (KMGP) akhirnya dibedah dalam sebuah acara seminar muslimah yang diselenggarakan oleh Kemuslimahan INSANI Undip pada 12 September 2015.

Dalam acara yang digelar di Ruang Serba Guna (RSG) Fakultas Kedokteran Undip Tembalang tersebut, acara bedah buku sekaligus promo film KMGP ini dihadiri langsung oleh penulisnya, yakni ibu Helvy Tiana Rosa dengan dimoderatori oleh Norma Keisya Avicena, Writer Owner of DNA Creative House.

Acara ini diawali dengan pemutaran teaser 3 bintang KMGP, yakni Mas Gagah, Mas Aji dan Izzah. Pada awalnya, Ketika Mas Gagah Pergi (KMGP) merupakan tulisan yang pertama kali terbit di majalah ANNIDA tahun 1993 yang pada kala itu masih dalam bentuk cerpen.

Singkatnya, KMGP ini menceritakan tentang seorang gadis bernama Gita Ayu Pratiwi, yang sangat dekat dengan saudara kandung satu-satunya, Gagah Perwira Pratama yang kemudian dikenal dengan sosok “Mas Gagah” dalam cerita ini.

Gita sangat bangga dengan sosok kakaknya tersebut lantaran sangat baik, cerdas, mudah bergaul, dan pastinya ganteng. Dalam ceritanya, tidak ada yang tidak suka dengan sosok “Mas Gagah” yang satu ini.

Kedekatan Gita dan Mas Gagah berubah ketika masnya pulang dari Madura. Disana (Madura-red) Mas Gagah bertemu dengan seorang kyai yang membuat penampilan hidupnya berubah drastis. Mas Gagah yang dulu suka jalan-jalan nonton konser musik, berpenampilan ala coverboy, dan pecinta music rock benar-benar berubah.

Bahkan, Gita yang merupakan cewek tomboy yang sangat cuek dengan penampilannya merasa gawat ketika masnya tersebut sudah tidak mau bersalaman dengan perempuan. Gita merasa apa yang dilakukan Mas Gagah adalah hal yang aneh. Salaman sama perempuan saja tidak mau. Mas Gagah yang dulu ia banggakan seperti telah hilang,

Dari sinilah, pencarian jatidiri seorang Gita dimulai. Rasa keanehan dan penasaran dari perilaku Mas Gagah membuat ia belajar mencari tahu tentang kebiasaan baru masnya itu dengan membaca buku dan berdiskusi.

Perlahan ia mulai merasakan hidayah menghampirinya. Dan Mas Gagah yang sempat hilang ia rasakan mulai kembali. Hingga akhirnya Allah berkehendak lain. Mas Gagah yang sedang pergi mengemban tugas dakwah meninggal dunia karena bentrok masa. Gita kembali diuji. Kali ini, Gita benar-benar kehilangan sosok Mas Gagah yang ia banggakan.

Kisah ini terus berlanjut hingga dalam akhir ceritanya, ia menjumpai seorang lelaki yang membuat ia kembali teringat dengan Mas Gagah yang ia banggakan, sosok yang punya andil keislamanan Gita.


Perjuangan Keras

Untuk merealisasikan KMGP menjadi sebuah film ternyata tidak bisa didapatkan dengan mudah dan sangat berliku. Banyak pihak yang akhirnya patungan untuk merealisasikan film ini.

Beberapa artis yang bermain dalam film KMGP ini diantaranya adalah MathiasMucus, Randy Martin, Aldi Fairus, Fendy Cow dan masih banyak lagi. Selain itu, cerita Mas Gagah dalam film ini 70 % -nya adalah kisah nyata.

Bedah buku dan promo film KMGP ini akhirnya selesai menjelang Dzuhur. Banyak yang terinspirasi untuk berhijrah setelah membaca buku KMGP ini.

Acara Seminar Muslimah dari Kemuslimahan INSANI Undip ini kemudian berlanjut dengan Grand Opening Annisa Undip dan Grand Final Muslimah Inspiration Undip 2015. (KUC)

- Ringan Mencerdaskan -