Hadiri Silaturahim Akbar Undip, Ketua MPR RI Ajak Ummat Islam Bersatu


SEMARANG (kampusundip.com) – Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI Dr. Zulkifli Hasan, SE, MM kembali menyambangi Universitas Diponegoro dalam rangka Silaturahim Akbar Keluarga Besar Undip yang dilaksanakan pada Ahad, 30 Agustus 2015.

Dalam acara yang diselenggarakan di Masjid Kampus (Maskam) Undip Tembalang, Semarang itu, politikus dari salah satu partai politik di Indonesia itu berkesempatan menjadi pembicara utama.

Sebelum ketua MPR mengisi materi, acara diawali dengan penampilan grup Rebana “Ready” serta tim nasyid dari “Felo Voice”. Selain itu, sejumlah civitas akademika Undip seperti Rektor Prof. Yos Johan Utama, PR I Prof. Zainuri, serta takmir Maskam Pak Nirmolo, berkesempatan menyampaikan sambutan dihadapan para peserta silaturahim akbar yang didominasi kalangan mahasiswa.

Dalam materinya, Zulkifli Hasan menyampaikan tentang sistem ketatanegaraan. Ia mengatakan, sistem demokrasi yang ada negara Indonesia cenderung dikuasai oleh pemilik modal untuk kepentingan kelompok-kelompok tertentu. Sehingga masyarakat kurang diperhatikan.

Zulkifli menilai, penduduk Indonesia yang mayoritas Muslim hendaknya turut ambil bagian dalam pemerintahan. Bahkan beliau menyampaikan bahwa untuk mencapai itu semua, ummat Islam harus “merebut”, bukan meminta kekuasaan. Karena tidak ada jalan lain yang saat ini lebih sesuai selain dengan cara itu.

“Kekuasaan itu direbut, bukan diminta”, pungkasnya.

Dengan adanya ummat Islam dalam pemerintahan, maka secara tidak langsung manusia di Indonesia akan terbangun. Karena ia adalah mayoritas penduduk di negeri ini. Apalagi Islam adalah agama rahmatan lil ‘alamin. Demokrasi di Indonesia akan terkawal dengan nilai-nilai Islam yang sangat sesuai diterapkan dalam tatanan kehidupan manusia dan bernegara.


Ummat Islam Harus Bersatu

Lalu keterkaitannya dengan tema acara ini, untuk mencapai impian itu semua tentu seluruh ummat Islam harus bersatu, menjalin dan menjaga silaturahim antar sesama.

Acara ini pun ditutup dengan do’a yang dipimpin oleh Ustadz Samani dari Ponpes Galang Sewu dan salam-salaman antar civitas akademika Undip yang hadir dalam Silaturahim Akbar.

Silaturahim Akbar ini juga sekaligus sebagai sarana halal bi halal dan agenda penutup dari seluruh rangkaian event Ramadhan di Undip (RDU) 1436 H yang berlangsung sejak bulan Juni kemarin. (KUC)

- Ringan Mencerdaskan -