Sesi-Sesi Upacara PMB di Stadion Undip Yang Wajib Maba Ketahui

Upacara Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Universitas Diponegoro (Undip) terdiri atas Rapat Senat Terbuka yang dihadiri oleh pimpinan perguruan tinggi seperti rektor beserta jajarannya dalam rangka menyambut para mahasiswa baru (maba) yang telah lolos seleksi masuk PTN dan diterima dari seluruh jalur dan jenjang studi di Undip.

Upacara PMB ini rutin digelar tiap tahunnya di Stadion Utama Kampus Undip Tembalang, Semarang. Maba pun dianjurkan berangkat pagi-pagi agar tidak telat. Lantas, seperti apakah sesi-sesi dalam upacara tersebut yang harus diketahui maba? Berikut KAMPUSUNDIP.COM suguhkan informasinya :

1.       Simulasi (Gladi)
Simulasi ini berlangsung sebelum upacara benar-benar dimulai. Namun tidak semua rangkaian dalam upacara disimulasikan. Biasanya cukup lagu-lagu wajib universitas dan tahapan upacara secara garis besar. Jadi kalau anda para maba mendengar ada lagu yang sudah dinyanyikan di pagi-pagi sekali, bukan berarti anda telat. Tapi juga harus segera memasuki stadion.



2.       Sambutan
Sudah jelas dalam upacara akan ada sambutan. Sambutan ini biasanya disampaikan oleh pimpinan universitas seperti rektor.



3.       Menyanyikan Lagu
Dalam upacara PMB, lagu wajib yang dinyanyikan setidaknya ada 2, yakni Hymne dan Mars Undip. Untuk itu sebelum upacara para maba ditugaskan menghafal lagu tersebut. Lirik lagunya sudah ada di buku saku yang didapatkan saat verifikasi-registrasi. Jadi, bawalah buku saku tersebut saat upacara.


Satu hal yang menarik saat menyanyikan lagu ini adalah adanya group paduan suara yang akan memandu menyanyikan lagu. Mungkin saja, bagi anda para maba akan dibuat terkesima dengan penampilan dan suara merdu mereka.




4.       Pembacaan Ikrar Mahasiswa Atau Semacamnya
Ini dilakukan oleh perwakilan mahasiswa yang sebelumnya telah ditunjuk dan dilatih sebelum hari upacara PMB. Sebelum membacakan ikrar, mereka akan mulai dengan berjalan tegap dari pinggir lapangan ke tengah lapangan sambil 2 orang membawa bendera Merah Putih dan Undip.
 







5.       Penyematan Jas Almamater
Ini juga dilakukan kepada perwakilan mahasiswa. Penyematan ini dilakukan secara simbolis dan dipakaikan langsung oleh rektor Undip kepada mahasiswa.




6.       Sesi Tambahan Lainnya
Sesuai namanya,sesi ini bisa berisi berbagai agenda tambahan. Biasanya program unggulan universitas. Jika di era Prof. Sudharto ada penyerahan bibit pohon. Penyerahan bibit ini dilakukan kepada perwakilan mahasiswa. Penyerahan bibit pohon merupakan bagian dari program penghijauan kampus yang mulai digalakkan sejak era kepemimpinan rektor Prof. Sudharto.




7.       Laporan Hasil Seleksi PMB
Sesi ini dibacakan langsung oleh rektor Undip. Berisi pengumuman tentang hasil kegiatan Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) yang telah digelar. Berapa jumlah total maba yang diterima, dan sebagainya. Laporan lain, biasanya ada pengumuman prestasi Undip.



Itulah sesi-sesi yang setidaknya harus maba ketahui seputar upacara PMB Undip. Tentu juga ada do'a penutupnya. Jangan lupa sebarkan info ini ke sesama maba untuk menambah wawasan seputar Kampus Undip, khususnya saat upacara PMB. Sekian Semoga bermanfaat. Dan selamat datang, Diponegoro Muda..! (KUC)

- Ringan Mencerdaskan -