Seminar Pra-Nikah dan Parenting Islami KIPAS Undip


Nikah Yuk!

Wahai pemuda, barangsiapa telah mampu diantara kalian hendaknya melaksanakan pernikahan, karena ia dapat menundukkan pandangan dan menjaga kemaluan (kehormatan). Barangsiapa tidak mampu hendaklah berpuasa karena ia menjadi benteng perlindungan.” (HR. Bukhari, Muslim, Abu Daud, Tirmidzi, dan Nasa’i)

Menikah dan mendidik anak bukan merupakan hal yang mudah, tetapi bukan pula hal yang sulit jika kita mengerti “ilmu” nya. Kapankah kita harus mempersiapkan ilmunya? Cukupkah hanya beberapa hari jelang pernikahan? Atau menunggu setelah memiliki anak dulu baru belajar cara mendidik anak?

Segala sesuatu membutuhkan ilmu sebagaimana yang dikatakan Imam Bukhari "al-ilmu qabla 'l-qaul wa 'l-'amali". Artinya bahwa sebelum kita berkata dan berbuat, yang lebih dahulu harus kita miliki adalah ilmu tentang hal tersebut. Inilah yang kemudian menjadikan ilmu sebagai syarat benarnya suatu perkataan atau perbuatan. Terlebih lagi untuk menikah dan membangun peradaban kecil dari “rumah tangga” tentu saja kita harus mempersiapkan ilmu dengan sebaik-baiknya. Oleh karena itu kami KELUARGA ISLAM PASCASARJANA (KIPAS) Universitas Diponegoro mengusung serangkaian acara yaitu yang pertama Seminar Pranikah dan Parenting Islami (20 September 2015), yang kedua adalah Kelas Parenting Islami (3-4 Oktober 2015).

Acara ini bertemakan “Saatnya untuk menikah, raih keluarga barokah, miliki generasi salih salihah”. Rangkaian acara ini diperuntukkan bagi pemuda pemudi yang ingin menikah dan juga pasangan suami istri yang ingin meng-up grade ilmu tentang rumah tangga dan parenting Islami.
_________________


Seminar Pranikah dan Parenting Islami

Deskripsi acara:

Acara ini in syaa Allah diselenggarakan tanggal 20 September 2015
Waktu pukul 07.30-14.30 WIB
Tempat Di Hotel Muria Semarang Jl Dr Cipto No.73 Semarang
Pembicara Ustadz Bendri Jaisyurrahman, Pendiri Akademi Pre Wedding Ar Rahman Jakarta; Konsultan Lembaga Kokoh Keluarga Indonesia (KKI)

Materi yang diberikan:

Materi 1 (pagi) : Pembekalan Pranikah
Materi 2 (siang) : Parenting Islami

Include:

Door prize menarik, Pembacaan Tilawah dari Panti Binaan KIPAS, Hiburan Nasyid Velo Voice Semarang, Coffee break dan makan siang

Investasi Rp 85.000,-

Daftar bisa langsung menemui panitia atau lewat SMS

Via SMS Ketik:
Nama_Asal_Ikhwan/akhwat_seminar/kelas/keduanya_no HP

Kirim ke :
08567352731 untuk putri/akhwat
085731283595 untuk putra/ikhwan
________________


Kelas Parenting Islami

Deskripsi acara:

Merupakan program intensif untuk belajar tentang Parenting Islami.
Peserta dibatasi hanya 60 orang putra/putri.
Kelas parenting islami diselenggarakan selama 2 hari yaitu 3-4 Oktober 2015 dari jam 07.30-16.00 WIB.
Tempat di Aula Dekanat Fakultas Teknik UNDIP Jl Prof Soedarto Tembalang.
Pemberian materi tidak hanya teori tetapi juga simulasi/praktik.
Peserta diberikan pre-test dan post-test untuk mengetahui pengetahuan sebelum dan setelah mengikuti program.
Pemateri adalah orang-orang yang berpengalaman dibidang parenting Islami.

Menu Materi Kelas Parenting Islami

Materi 1  sesi pagi 3 Oktober 2015
Peran Ayah dan Ibu dalam pendidikan anak (pembagian peran suami istri dalam pembagian anak)
Materi berupa pengetahuan pembagian peran ayah dan ibu dalam pendidikan anak serta studi kasus dan praktik pembuatan pembagian peran ayah dan ibu dalam pendidikan anak.
Pembicara : Hj Dyah Rachmawati (Pembina Yayasan Bhakti Ibu, Yayasan Pemerhati Ibu dan Anak)

Materi 2 sesi siang 3 Oktober 2015
Children Health Care (Perawatan Kesehatan Anak)
Materi tentang kesehatan anak: persiapan kesehatan calon ayah; persiapan kesehatan untuk calon ibu (termasuk panduan nutrisi untuk calon ibu dan calon ayah); pengetahuan tentang pemeliharaan kesehatan ibu selama hamil, nifas serta penyiapan ASI (kesehatan ibu dasar); dukungan ayah pada bumil dan busui (suami siaga) perawatan bayi setelah dilahirkan  hingga usia 2 th (termasuk ASI, imunisasi, PMT); simulasi memandikan bayi ; perawatan kesehatan anak/ dasar MTBS (manajemen terpadu balita sakit) tata laksana diare,panas,dll termasuk simulasi pembuatan oralit.
Pembicara : Siti Nurhasanah, A.Md Keb (Bidan senior Rumah Bersalin RZI)

Materi 3 sesi pagi 4 Oktober 2015
Parenting Style (Gaya Pengasuhan anak)                         
Materi yang diberikan seputar parenting style/ gaya pengasuhan anak berdasarkan perbedaan gender (perbedaan pengasuhan anak laki-laki dengan anak perempuan), berdasarkan usia anak (bayi-balita-anak-remaja-dewasa), berdasarkan perbedaan karakter anak (sanguin-koleris-plegmatis-melankolis), pengetahuan tentang gaya pengasuhan ayah yang  ideal, pengetahuan tentang gaya pengasuhan ibu yang ideal, dan komunikasi orangtua-anak yang efektif serta simulasi cara berkomunikasi dengan anak.
Pembicara : Dra. Hj. Darosy Endah, M.Pd * (Dosen Psikologi UNDIP)
*dalam konfirmasi

Materi 4 sesi siang 4 Oktober 2015
Membangun Kepribadian Muslim Anak
Materi tentang keteladanan pendidikan anak para pendahulu seperti Ibrahim As, Lukman, Rasulullah, dsb berdasarkan Al Quran dan Sunnah; pengetahuan tentang cara membentuk karakter anak yang berakidah bersih, beribadah yang benar, berakhlak yang kokoh, jasmani yang kuat/sehat, berpengetahuan luas, mampu melawan hawa nafsu, pandai menjaga waktu, teratur dalam segala urusan, mandiri dan bermanfaat bagi oranglain; pengetahuan tentang cara mendidik anak menjadi hafidz dan hafidzah.
Pembicara : Ustadzah Mia Inayati R. (Pendiri Sekolah Alam Ar Ridho Semarang)

Investasi Rp 150.000,- untuk kegiatan selama 2 hari
Include snack dan makan siang

Daftar bisa langsung menemui panitia atau lewat SMS

Via SMS Ketik:
Nama_Asal_Ikhwan/akhwat_seminar/kelas/keduanya_no HP

Kirim ke :

08567352731 untuk putri/akhwat
085731283595 untuk putra/ikhwan

(KUC)

- Ringan Mencerdaskan -