Loloskan Tim Terbanyak, Undip Targetkan Juara Umum PIMNAS 2015


SEMARANG (kampusundip.com) – Universitas Diponegoro (Undip) berhasil meloloskan jumlah tim terbanyak pada Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS) tahun 2015 ini. Sebanyak 36 kelompok PKM (Program Kreatifitas Mahasiswa) Undip dinyatakan lolos PIMNAS ke-28 oleh Dikti.

Sedangkan rangking 5 besar jumlah peserta berturut-turut diraih oleh  Undip, ITS, Unibraw, UGM, dan UNY.

Sebagaimana yang dilansir situs resmi Undip, Pembantu Rektor Bidang Kemahasiswaan Undip Budi Setiyono mengatakan, prestasi ini tidak terlepas dari usaha keras yang dilakukan segenap keluarga besar Undip selama ini, baik mahasiswa, dosen, dan civitas academika yang lain.

“Capaian tersebut diraih setelah Undip mendapatkan 322 kelompok PKM yang dibiayai oleh Dikti, dan mendapatkan pembinaan intensif oleh pembimbing dan universitas,” ungkap beliau.

Beliau juga menambahkan, berdasarkan capaian tersebut, Undip menargetkan untuk menjadi juara umum PIMNAS ke-28 di Universitas Haluoleo Kendari pada 5-9 Oktober 2015. "Kami akan melakukan persiapan lebih lanjut sebaik mungkin, sehingga Tim Undip bisa membawa pulang gelar juara umum," ungkapnya.

Sementara itu Rektor Undip Prof.Yos Johan Utama juga sangat mengapresiasi dan memberikan dukungan penuh pada para mahasiswa yang mengikuti PIMNAS kali ini. Hal itu tidak lepas dari kerja keras, kerja cerdas, serta tidak mudah menyerah mahasiswa serta dosen pembimbing dalam berinovasi.

(http://dirmahasiswa.uho.ac.id/)


Sebelum diberangkatkan ke Kendari, Tim Undip akan mengikuti karantina selama tiga hari. Materi pembinaan terdiri dari peningkatan kecakapan presentasi, penajaman analisis ilmiah, pembentukan rasa percaya diri, dan manajemen tim.

PIMNAS adalah merupakan muara dari kegiatan PKM. Mahasiswa peserta PIMNAS adalah mahasiswa pilihan yang diambil dari peserta PKM yang lolos pendanaan kemudian dipilih tim terbaik yang dinyatakan lolos. Seleksi dilakukan dengan sangat ketat. Mahasiswa bersaing menampilkan presentasi terbaiknya ketika dilakukan monitoring evaluasi (MONEV) oleh para juri dari Ditjen Dikti supaya bisa lolos jadi peserta.

PIMNAS ke-28 kali ini akan diikuti oleh 440 tim dari 200 perguruan tinggi negeri maupun swasta, dengan jumlah peserta lebih dari 4000 orang baik mahasiswa maupun pendamping.

Berikut daftar peserta PIMNAS ke-28 tahun 2015 beserta  jumlah timnya :

- 36 Tim Universitas Diponegoro Semarang
- 36 Tim Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya
- 35 Tim Universitas Brawijaya Malang
- 27 Tim Universitas Gadjah Mada Yogyakarta
- 21 Tim Uiversitas Negeri Yogyakarta
- 20 Tim Universitas Padjadjaran
- 15 Tim Institut Pertanian Bogor
- 14 Tim Universitas Haluoleo Kendari
- 13 Tim Universitas Airlangga Surabaya
- 12 Tim Universitas Negeri Malang
- 11 Tim Politeknik Elektronik Negeri Surabaya
- 11 Tim Institut Teknologi Bandung
- 8 Tim Politeknik Negeri Semarang
- 8 Tim Universitas Lambung Mangkurat Kalsel
- 7 Tim Universitas Negeri Semarang
- 7 Tim Universitas Negeri Sebelas Maret Surakarta
- 6 Tim Universitas Muhammadiyah Malang
- 5 Tim Universitas Jendral Soedirman Purwokerto
- 5 Tim Universitas Muhammadiyah Yogyakarta
- 5 Tim Universitas Negeri Padang
- 4 Tim Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya
- 4 Tim Universitas Islam Sultan Agung Semarang
- 2 Tim Universitas Indonesia

#KawalPIMNAS

(KUC)


- Ringan Mencerdaskan -