KKN Undip Gelar Aksi di Acara Karnaval Budaya Desa Sumberejo, Pabelan, Kab. Semarang


KAB. SEMARANG (kampusundip.com) - Dalam rangka menyemarakkan HUT RI ke-70, warga Desa Sumberejo, Kecamatan Pabelan, Kabupaten Semarang, melaksanakan salah satu acara rutinnya, yakni karnaval budaya (23/8), dimana desa ini merupakan desa terbaik tingkat Provinsi Jawa Tengah yang akan menghadapi lomba desa terbaik tingkat nasional. Parade budaya ini dimulai dari lapangan Sri Gunting Sumberejo dan berakhir di balai desa yang diikuti lebih dari 40 kontingen.

Seperti pada tahun-tahun sebelumnya, karnaval ini diisi oleh berbagai kegiatan kebudayaan diantaranya adalah Reog, Perkusi, Jampi stress dan lain sebagainya. Namun, ada satu hal yang berbeda pada karnaval tahun ini, yaitu karnaval dimeriahkan oleh mahasiswa KKN Universitas Diponegoro yang terdiri dari kurang lebih 80 mahasiswa KKN kecamatan Pabelan Semarang. Pada acara tersebut, Mahasiswa melakukan aksi sosial yang menyerukan bahwa kita harus peduli pada kesejahteraan rakyat, pendidikan, melestarikan budaya dan menjaga lingkungan serta kesehatan.

Dalam aksinya, mahasiswa KKN Universitas Diponegoro sangat antusias dan semangat ketika menyanyikan lagu Indonesia Raya, Mars Undip, Totalitas Perjuangan dan Darah Juang dimana saat berjalannya aksi juga dilakukan orasi oleh beberapa mahasiswa. Sesampainya di panggung kehormatan yang dihadiri oleh beberapa pejabat pemerintahan yang diundang dari Pemprov, Bupati, Pak Camat Pabelan beserta Kepala Desa Sumberejo dan undangan lainya peserta aksi melakukan orasi dan teatrikal puisi guna menyampaikan aspirasi kepada pemimpinnya untuk harapan ke depan.

“Ini adalah momen yang sangat tepat dimana kita sebagai mahasiswa melakukan aksi sosial disaat karnaval budaya berlangsung, karena ketika mereka bertampil dengan segala bentuk budaya kita bisa bertampil beda dengan mengajak semuanya untuk peduli dengan masalah pendidikan, pekerjaan, kebudayaan, dan lingkungan serta kesehatan”. Ujar koordinator aksi Hasan, yang juga sebagai koordinator KKN Desa Sumberejo.


Aksi sosial ini mendapat apresiasi positif dari para pejabat daerah yang hadir dan diakhiri foto bersama dengan Camat Pabelan dan Kepala Desa Sumberejo. Mereka berharap kegiatan ini merupakan awal bagi perubahan mindset di masyarakat desa untuk semakin peduli dengan kesehatan dan lingkungan. (KUC/KKN Tim II Undip 2015)

- Ringan Mencerdaskan -