Ini Rahasia Universitas Negeri Malang Raih Juara Umum MTQMN 2015

(Foto : http://edupost.id/)

DEPOK (kampusundip.com) – Tidak banyak yang tahu faktor dibalik kesuksesan kafilah Universitas Negeri Malang (UM) meraih Juara Umum Musabaqah Tilawatil Qur’an Mahasiswa Nasional (MTQMN) ke-14 yang diselenggarakan di Universitas Indonesia (UI) pada 1-8 Agustus 2015 lalu.

Namun, salah satu kafilah MTQMN dari Undip, Riki Tristanto, berhasil mendapatkan info penting dibalik kesuksesan UM meraih gelar Juara Umum dari tuan rumah.

Ya, seusai MTQMN berlangsung, mahasiswa Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan (FPIK) Undip yang terjun pada cabang lomba Karya Tulis Ilmiah Al-Qur’an (LKTIA) memberikan “oleh-oleh berharga” untuk dibagikan kepada rekan-rekannya, bahwa faktor yang membuat UM kembali juara adalah para mahasiswa yang akan ikut lomba dikarantina selama 3 bulan lamanya. Bahkan, mereka pun tak boleh pulang saat lebaran sekalipun.


“mreka karantina 3 bulan dan lebaran gak boleh pulang,” Tulisnya dalam grup LINE

Alhasil, meski lebaran tak bisa pulang, kerinduan itu akhirnya terbalas dengan berhasil membawa pulang Juara Umum MTQMN ke-14 dari incaran sang tuan rumah UI.



Sebelumnya, kafilah dari Jawa Timur itu juga menjuarai ajang MTQMN ke-13 yang digelar di Padang 23-28 Juni 2013 lalu. Sebagaimana yang diberitakan salah satu laman media nasional. Itu berarti UM berhasil meraih juara umum MTQMN 2 kali berturut-turut.

(Foto : ANTARA)


Inilah “oleh-oleh berharga” yang berhasil didapatkan kafilah Undip sesuai MTQMN di UI. Meski akhirnya kafilah dari kampus ber-icon Pangeran Diponegoro ini ‘hanya’ berhasil membawa gelar Juara III Hifzhil Qur’an 1 Juz Putra.

Bagaimana? Tertarik mencoba tips dari sang Juara Umum untuk MTQMN edisi selanjutnya? (KUC)

- Ringan Mencerdaskan -