Bak Idul Fitri, Sholat Jama’ah Maba ITB 2015 Gemparkan Dunia Maya

BANDUNG (kampusundip.com) – Dunia maya mendadak dibuat gempar oleh beredarnya beberapa foto suasana penyambutan mahasiswa baru (Maba) yang diunggah ke media sosial Facebook.

Adalah Izzar Rasyadi, seorang netizen yang memposting sebuah foto yang menggambarkan suasana sholat dzuhur berjama’ah Maba Institut Teknologi Bandung (ITB) 2015 pertama kali di laman Facebook-nya.

Foto dengan deskripsi “Jamaah Maba (Mahasiswa Baru) ITB 2015. MasyaAllah, seperti salat Ied aja ya…” yang diunggah pada Senin (10/8) saat Sidang Terbuka Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) di kampus yang pernah menjadi tempat belajar presiden pertama Indonesia Ir. Soekarno tersebut, dalam waktu singkat langsung tersebar luas dan membuat heboh dunia maya.

Hal itu dibuktikan dengan banyaknya jumlah ‘like’ maupun ‘share’ oleh netizen lain yang mencapai lebih dari ratusan kali dalam hitungan jam.


Hingga Selasa, (11/10), jumlah ‘like’ maupun ‘share’ keduanya sudah mencapai lebih dari 300 kali. Netizen pun juga merespon positif lewat tanggapan yang diberikan.

Bahkan, seorang netizen ‘berharap’ dirinya bisa menjadi salah satu dari ratusan maba yang mengerjakan sholat berjama’ah itu.

“Subhaallah, keren banget andai saya di sana,” ujar Elvi Al Yudishtira dalam komentarnya.


Tak Mau Kalah

Mengetahui foto tersebut menjadi buah bibir, UKM rohis kampus setempat atau yang biasa disebut Lembaga Dakwah Kampus (LDK) yang memang mengakomodir kegiatan ini, sepertinya ‘tidak mau kalah’ dari kadernya sendiri dengan mengunggah 4 foto sekaligus dari 4 sudut pandang yang berbeda di laman Fanspage-nya.

Hingga berita ini diturunkan, 4 foto tersebut baru diunggah 22 jam sebelumnya. Kalah cepat dari yang diunggah Izzar Rasyadi. Namun siapa sangka, jumlah ‘like’, ‘share’ maupun ‘comment’ ternyata jauh lebih banyak. Lihat saja, dalam waktu kurang dari sehari, postingan tersebut telah mendapat hampir 2000 ‘like’ dengan jumlah ‘share’ lebih dari 670 kali serta tak kurang dari 90 komentar dari para netizen.



Suasana sholat berjama’ah dalam foto tersebut ternyata juga sampai ke Undip dan serta merta membuat mahasiswa di kampus ber-icon Pangeran Diponegoro ini juga turut mengapresiasi.

Di LINE misalkan, beberapa mahasiswa Undip memberikan komentar positif dan ‘sticker’ apresiatif setelah melihat foto sholat berjama’ah Maba di PMB ITB tahun 2015 itu. (KUC/Diolah dari GAMAIS ITB dan sumber terkait)


- Ringan Mencerdaskan -