7 Kejadian Unik Saat ODM 2014 di Stadion Undip

ODM atau Orientasi Diponegoro Muda merupakan muara dari rangkaian kegiatan Penerimaan Mahasisa Baru (PMB) Undip. ODM menjadi ciri khas dari rangkaian kegiatan PMB Undip yang mulai diadakan tahun 2014 kemarin. Di tahun pertama ODM ini dilaksanakan ternyata terdapat beberapa kejadian unik. Penasaran apa saja itu? Berikut, KAMPUSUNDIP.COM sajikan informasinya untuk Anda :

1.    MC Berbusana ‘Dalang’

Tidak seperti seorang Master of Ceremony (MC) kebanyakan yang memakai jas lengkap dengan aksesorisnya, MC dalam ODM Undip pertama ini memakai busana Jawa layaknya seorang Dalang dalam sebuah pertunjukan wayang. Dengan warna busana merah muda, mereka pun tampak mencolok diantara ribuan peserta ODM yang memadati stadion.



Rupanya semua ini bukan tanpa alasan. Kebijakan memakai busana ini adalah dalam rangka melestarikan budaya Jawa yang memang menjadi ciri khas dari Jawa Tengah itu sendiri.


2.    Membawa Payung di Siang Bolong

Tak ada hujan, namun beberapa maba ini terlihat membawa payung ke stadion. Meski bukan barang wajib untuk dibawa saat ODM, rupanya mereka lakukan sebagai peneduh ditengah teriknya sinar matahari. Bahkan, ada satu payung yang dikerumuni banyak orang.





3.    Maba Berebut Salam Gubernur & Rektor

Hal ini dialami oleh Gubernur Jawa Tengah pak Ganjar Pranowo. Usai memberi materi, orang nomor satu di Jawa Tengah itu harus melayani para maba yang berdesakan untuk berebut salam dengan beliau saat akan keluar dari stadion. Saking berdesakannya, petugas keamanan yang terdiri dari Resimen Mahasiswa (Menwa) tampak kewalahan mengatasi situasi ini, meski akhirnya sang gubernur berhasil dipandu untuk keluar dari kerumunan maba ini.


Yang lebih membuat unik lagi, salah seorang maba yang berdiri lebih tinggi dari yang lainnya, tertangkap kamera tampak tenang sedang mengabadikan kejadian tersebut dengan ponselnya ditengah kerumunan maba yang berada dibawahnya.

Tak hanya gubernur, orang nomor satu di Undip Rektor Prof. Sudharto juga harus rela melayani para maba yang berdesakan untuk bersalaman dengan beliau.




4.    Maba Berebut Balon

Entah akan dijadikan sebagai apa, beberapa balon yang baru saja dibawa masuk ke stadion tampak menjadi rebutan para maba. Meski belum saatnya untuk dilepaskan.




5.    Kejutan Ucapan ‘Selamat Datang’ dari Panitia

Ditengah ribuan maba yang berada di lapangan, puluhan orang dari panitia ODM tampak berjejer rapi di tribun belakang stadion sambil tiap orang membawa benda berbentuk kotak. Rupanya ini adalah kejutan dari panitia ODM untuk Maba. Karena saat dibalik, kotak-kotak tersebut berisi huruf-huruf besar yang membentuk kalimat “SELAMAT DATANG DIPONEGORO MUDA”. Alhasil, saat aba-aba dari MC dimulai dan meminta maba menoleh ke belakang, langsung disambut dengan sukacita oleh maba.




6.    Ramai-Ramai Berfoto “Selfi”

“Selfi” atau memotret diri sendiri tampaknya memang benar-benar mewabah dimana-mana. Tak terkecuali bagi mahasiswa. Dalam ODM Undip 2014 lalu, beberapa peserta tertangkap kamera tengah berfoto selfi diantara ribuan maba yang memadati stadion. Mulai dari maba itu sendiri, MC, maupun panitia ODM. Bahkan, beberapa diantaranya benar-benar “berniat” dengan membawa ‘Tongsis’ (Tongkat Narsis) untuk melakukan foto selfi ini.





7.    Rektor diajak Maba Untuk “Selfi” Bersama

Meski masih baru, maba Undip nampaknya sudah punya nyali kuat untuk yang satu ini. Jika kita melihat orang berfoto selfi dengan sesamanya sudah biasa, maka untuk yang satu ini, bersiaplah Anda menggeleng-gelengkan kepala.

Bagaimana tidak? Meski masih baru, maba 2014 yang terdiri dari 2 orang mahasiswi ini tertangkap kamera berhasil mengajak orang nomor satu di Undip, Rektor Prof. Sudharto (dalam foto : bertopi) untuk berfoto selfi dengan mereka, yang saat itu tengah dipandu Presiden & Wakil Presiden BEM Undip untuk keluar dari stadion.

Bahkan, satu diantara 2 mahasiswi itu, hafal betul bagaimana gaya khas berfoto dengan mengacungkan 2 jarinya disamping pundak sang rektor.


Alhasil, Presiden BEM Undip yang kala itu dijabat Taufik Aulia Rahmat (dalam foto : jaket biru donker), hanya bisa terpana menyaksikan “aksi nekat” yang dilakukan adek angkatannya itu. Dan rela berhenti sejenak, guna memberi kesempatan kepada 2 orang mahasiswi baru tersebut untuk berfoto selfi dengan Prof. Darto (Sapaan akrab Prof. Sudharto-red) sebelum akhirnya sang rektor berhasil dipandu keluar dari stadion.

____________

Pembaca KAMPUSUNDIP.COM yang budiman, itulah tadi 7 kejadian menarik yang terjadi di ODM Undip tahun 2014, yang merupakan ODM edisi perdana. Dan buat Maba Undip khususnya, bagaimana kesan ODM tahun ini? Apakah ada yang berani ber-selfi dengan rektor juga? Semoga tulisan ini menambah wawasan seputar kegiatan ODM Undip. Jangan lupa share artikel ke yang lain. Salam Mahasiswa..! (KUC)

- Ringan Mencerdaskan -