Rektor Undip : Tak Cukup Nilai Akademik, Mahasiswa Juga Harus Cerdas Dengan Nilai Moral


SEMARANG (kampusundip.com) – Itulah salah satu point penting yang bisa dipetik tatkala Rektor Undip Prof. Dr. Yos Johan Utama, SH. M.Hum menjadi narasumber acara BINCANG KAMPUS dengan tema Undip Rumah Kita “Pendidikan Kampus Untuk Indonesia Bermoral” di Masjid Kampus Undip Tembalang, Semarang (29/6).

Rektor yang akrap disapa “Pak Yos” tersebut berpesan bahwa memang benar cerdas secara akademik itu penting. Namun yang tidak kalah pentingnya juga bagi mahasiswa adalah selain fokus untuk urusan akademik, mahasiswa juga harus cerdas dengan nilai-nilai moral yang merupakan kunci utama dalam kebaikan.

Maka tak heran, akademisi dari Fakultas Hukum Undip ini menyinggung banyaknya orang cerdas yang melakukan “kejahatan” seperti berbuat curang dan sebagainya. Hal itu disebabkan karena ia hanya berfokus pada akademik, tidak dengan nilai-nilai moral dan ilmu (aturan).

Oleh karena itu sudah menjadi tugas mahasiswa muslim untuk mempelajari ilmu dan menampakkan kebaikan karena Islam adalah agama yang paling tepat dalam menjunjung tinggi nilai moral.

Selain Prof. Yos, acara BINCANG KAMPUS yang merupakan rangkaian kegiatan Ramadhan di Undip 1436 H ini juga diisi oleh Dekan Fakultas Ekonomika & Bisnis (FEB) Dr. Suharnomo, SE, M.Si dan dimoderatori Pak Lutfi, selaku Sekretaris Takmis Masjid Kampus Undip.

Dalam materinya, Pak Suharnomo menyampaikan bahwa nilai-nilai moral di berbagai negara sudah tergerus oleh perilaku humanism yang melenceng yang menimbulkan kemerosotan moral. Contoh nyata adalah fenomena LGBT (Lesbian, Gay, Biseksual dan Transgender) yang tengah marak di Amerika.

Lebih lanjut, Dekan FEB yang sebagian kalangan mirip dengan salah satu politikus di Senayan itu juga menambahkan bahwa moralitas dalam Islam itu mutlak. Karena nilai-nilai moral yang diajarkan dalam Islam langsung diturunkan oleh Allah lewat Al-Qur’an dan para Nabi. Bukan buatan manusia.


Sehingga sudah pasti apa yang diajarkan dalam Islam merupakan hal yang paling tepat untuk diterapkan oleh seluruh ummat manusia di dunia ini. (KUC)