Puluhan Ribu Mahasiswanya Mudik, Undip Tembalang Bagai “Mati Suri”


SEMARANG (kampusundip.com) – Suasana langka terjadi di Kampus Undip Tembalang tatkala moment lebaran atau Idul Fitri seperti saat ini tiba.

Bagaimana tidak? Kampus dengan populasi lebih dari 40.000 mahasiswa itu tampak “mati suri” karena puluhan ribu penghuninya tengah mudik untuk merayakan moment lebaran Idul Fitri 1436 H di kampung halamannya masing-masing.

Hal itu sebagaimana yang tampak pada H-1 lebaran pada Kamis (16/7). Jalan utama kampus yang biasanya ramai oleh mahasiswa tempak sepi sengang. Seperti depan Gedung Prof. Sudharto, dan hampir seluruh ruas jalan antar fakultas. Hanya terlihat segelintir kendaraan yang melintas.

Kesan bagaikan “mati suri” tersebut kian terasa dengan banyaknya dedaunan pohon yang jatuh di jalan-jalan utama kampus dan sesekali terbang tertiup angin. Ini terjadi lantaran beberapa pegawai kebersihan kampus juga tengah mudik ke kampung halaman.

Suasana “mati suri” ini jelas sangat kontras dengan ribuan kendaraan yang lalu lalang setiap harinya dan berbagai aktivitas kampus yang terjadi pada hari aktif kuliah.

Keadaan ini sepertinya akan terus berlanjut selama Juli 2015. Dan diperkirakan kampus yang barusaja berubah status menjadi PTN BH (Berbadan Hukum) ini benar-benar akan “hidup” kembali pada pertengahan Agustus 2015 mendatang yang bertepatan dengan digelarnya verifikasi SBMPTN & UM. (KUC)


-Ringan Mencerdaskan-