“Pedagang Yang Jujur Akan Masuk Surga Bersama Nabi”


SEMARANG (kampusundip.com) – Ada suasana berbeda yang terjadi usai sholat tarawih Ramadhan di Undip 1436 H yang digelar pada Senin (29/6). Ya, pasca tarawih, panpel RDU menggelar Kultum Spesial Ba’da Tarawih dengan menghadirkan Ustadz Samsoe Basarudin.

Dalam acara yang digelar di Masjid Kampus Undip Tembalang tersebut, ustadz Samsoe berkesempatan memberikan materi utama tentang bisnis Islami.

Dalam materinya, beliau menyampaikan bahwa dalam membangun bisnis islami terdapat beberapa rancangan. Yakni fondasi, pilar, dan visi. Bagian fondasi merupakan tauhid kilafah yang nantinya bermuara pada akhirat dengan 3 pilar, yakni keadilan, keseimbangan, kemaslahatan. Sehingga, ‘goal’-nya nanti akan sesuai dengan prinsip syari’ah, baik, dan selamat dari siksa api neraka.

Materi tersebut pun telah beliau ringkas dalam bentuk selebaran seperti yang terdapat dalam gambar berikut :



Selain itu, Ustadz Samsoe yang juga menjabat sebagai Pembina Masjid Salman ITB itu juga menyampaikan bahwa konsep bisnis dalam islam adalah “zakat oriented” jujur, tidak menipu dan riba.

Bahkan dalam sebuah riwayat disebutkan bahwa keutamaan pedagang yang jujur adalah akan masuk surga bersama Nabi. Sebagaimana hadits yang disampaikan Abu Said Al-Khudri :

“Pedagang yang jujur lagi amanah akan bersama dengan para nabi dan orang-orang yang jujur (di surga).”

Point tak kalah penting lainnya yang beliau sampaikan adalah jangan sekali-kali menggunakan hutang untuk berbisnis. Karena bisnis yang diperbolehkan dalam Islam adalah jual beli dan sewa. (KUC)


- Ringan Mencerdaskan –